Bersih-Bersih Gan, Ini Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam!

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam
Sumber: Repair Hub

Laptop adalah salah satu gadget yang mungkin sudah wajib dimiliki oleh hampir setiap umat. Laptop biasanya digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan kantor maupun rumah, tapi ada juga yang menggunakan laptop hanya untuk bermain game.

Seiring waktu, laptop bisa saja akan menjadi kotor, baik selama digunakan mau disimpan. Hanya saja laptop akan cepat kotor jika terus digunakan, terlebih jika pengguna mengoperasikan laptop sambil melakukan hal lain seperti makan.

Nah kali ini kita akan membicarakan mengenai tips membersihkan laptop baik bagian luar maupun bagian dalam. Langsung saja yuk kita simak!

1

Bagian Luar

Ingat, sebelum kamu membersihkan laptop, matikan terlebih dahulu laptop dan cabut adapter dari laptop. Untuk amannya, kamu juga bisa mencabut baterai laptop agar menghindari korsleting yang bisa saja terjadi karena air.

Layar Monitor Laptop

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam
Sumber: Digital Trends

Layar laptop adalah bagian yang sering sekali kotor karena debu. Jika tidak segera dibersihkan maka akan terlihat sekali debu yang menempel di layar monitor.

Cara membersihkannya adalah gunakan kain microfiber atau yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata. Hal ini bertujuan agar layar monitor tidak mengalami baret atau lecet ketika dilakukan pengelapan.

Caranya adalah lap dengan kain tersebut dari ujung ke ujung. Jika ada noda yang susah dibersihkan, kain bisa dibasahi dengan sedikit air. Jika noda membandel, bisa gunakan setengah air dan setengah cuka yang dibasahkan ke kain.

Mouse

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam
Sumber: CNET

Jika kamu menggunakan mouse selama menggunakan laptop. Mungkin mouse kamu juga perlu dibersihkan.

Zaman sekarang mouse memang tidak menggunakan bola untuk menggerakkan pointer melainkan mengunakan optik. Sehingga dalaman mouse tidak perlu dibersihkan.

Hanya saja bagian luar dari mouse terkadang ada beberapa noda lengket bekas dari keringat dan debu. Kamu bisa menggunakan kain yang dibasahi sedikit alkohol untuk mengelap bagian luar mouse tersebut.

Yang pasti mouse dibersihkan harus dalam keadaan mati.

Touchpad

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam
Sumber: Tech Audible

Touchpad juga rentan kotor karena terkena kotoran dari tangan dan jari kita. Kamu bisa membersihkan dengan kain yang diberi sedikit air.

Setelah dilap, jangan lupa untuk mengeringkan touchpad, sebab hal itu akan menyebakan malfungsi terhadap touchpad meskipun hanya ada sedikit air.

Keyboard

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam

Keyboard adalah bagian yang sangat sulit untuk dibersihkan. Jika kamu memiliki kompresor angin, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan bagian dalam keyboard.

Jika tidak, kamu bisa meniup saja bagian yg kotor atau menggunakan sikat dengan bulu yang panjang dan lembut. Kamu juga bisa menggunakan gel khusus untuk membersihkan keyboard. Biasanya bagian yang kotor tersebut akan seperti terhalang sehingga kamu tidak memencet salah satu tombol di keyboard.

2

Bagian Dalam

Bersih-Bersih Gan, Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam

Setelah bagian luar dibersihkan, sekarang saatnya membersihkan bagian “dalam” dari laptop. Bagian dalam ini tentu saja bukan membongkar bagian dalam laptop, melainkan membersihkan berbagai “sampah” di harddisk kamu yang bisa menyebabkan laptop berjalan lambat.

Kamu bisa menggunakan pembersih bawaan Windows atau software pihak ketiga seperti CleanCC untuk membersihkan berbagai file sampah di laptop. Caranya adalah klik Start dan ketik “disk cleanup” di search bar. Setelah itu pilih partisi mana yang akan dibersihkan dan ikuti saja proses pembersihan.

Untuk pengguna Macbook (versi High Sierra atau 10.13), kamu bisa mencoba dengan cara klik pada ikon Apple, dan klik “About This Mac”. Setelah itu klik tab storage dan klik tombol manage. Dari situ kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang tidak dipakai serta file-file lainnya yang bisa kamu pindahkan atau hapus.

Takut Virus? Nih Tips “Aman” dari Virus Tanpa Antivirus

Meskipun kita telah menggunakan Antivirus tapi tidak bijak dan tidak hati-hati dalam menggunakan PC maupun smartphone, akan membuat gadget kita terinfeksi virus.
Baca Juga

Yap itu dia tips untuk membersihkan laptop baik luar dan dalam. Jika kamu butuh untuk membersihkan bagian dalaman laptop seperti kipas laptop, tunggu ya di artikel selanjutnya. Atau jika tidak mau repot, ya bawa saja ke tukang servis!

Diedit oleh Arya W. Wibowo