Xiaomi Mi 8 SE Kurang Diminati Masyarakat Indonesia? Ini 3 Kemungkinannya!

xiaomi mi 8 SE

Pada seri Mi 8, Xiaomi diketahui tidak hanya menyuguhkan dua varian saja, melainkan tiga varian sekaligus, yang sisanya diisi oleh Xiaomi Mi 8 SE. Sayang, rupanya smartphone tersebut kurang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Kurang diminatinya Xiaomi Mi 8 SE tersebut diketahui dari polling yang digelar pada grup Facebook Mi Fans Indonesia. Salah satu anggota menggelar polling tersebut untuk mengetahui ketertarikan anggota grup akan flagship Xiaomi yang berada di kelas menengah itu.

xiaomi mi 8 SE

Xiaomi Mi 8 SE sendiri merupakan smartphone yang masuk sebagai varian paling murah dari seri Mi 8. Perangkat itu dibekali dengan sederet kemampuan khas smartphone kelas menengah. Salah satu bukti perangkat tersebut dijual di kelas menengah adalah pengadopsian chipset Snapdragon 710.

Yak, kamu tidak salah baca akan jenis chipset yang digunakan oleh perangkat tersebut. Xiaomi Mi 8 SE menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset jenis baru dari Qualcomm, yang merupakan pilihan lebih murah dari seri 845, namun jauh lebih baik performanya dibandingkan seri 600.

Chipset tersebut juga dipercaya memiliki kemampuan yang andal dalam segi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Dengan demikian, perangkat yang dibekali dengan Snapdragon 710 dipercaya memiliki kemampuan AI yang lebih baik dibandingkan perangkat lain yang belum mengadopsinya.

Kapasitas RAM yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 8 SE pun serupa dengan Mi 8 diatasnya, yakni 6 GB, namun hanya dengan pilihan ROM yang terbatas di 64 GB. Terdapat pula pilihan RAM yang lebih kecil, yakni 4 GB.

xiaomi mi 8 SE

Nah, pada versi paling dasar dari Mi 8 tersebut, Xiaomi juga diketahui menyematkan teknologi kamera yang sedikit lebih bawah. Bagaimana tidak? Lensa kamera ganda di bagian belakang smartphone tersebut hanya dilengkapi dengan lensa 12 MP + 5 MP.

Pun demikian, pada bagian depannya tersemat lensa 20 MP, yang serupa dengan Mi 8 varian standar dan Explorer.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Xiaomi Mi 8 SE bisa dimiliki saat penggunanya merogoh kocek sedalam Rp3 hingga Rp4 jutaan. Harga yang nampaknya cukup fair untuk smartphone pertama yang mengadopsi Snapdragon 710.

Sayangnya, segala daya pikat yang dimiliki oleh perangkat tersebut tidak mampu menarik minat masyarakat Indonesia. Polling yang digelar di grup para pecinta perangkat Xiaomi tersebut berakhir dengan banyaknya orang yang memilih untuk tidak membelinya.

Saya pun memperkirakan 3 alasan yang mungkin saja menjadi alasan dibalik kurang tertariknya para Mi Fans terhadap Xiaomi Mi 8 SE. Ketiga alasan tersebut bisa kamu temukan di laman berikutnya.