5 Peraturan Tak Tertulis Pengguna Facebook Indonesia yang Patut Diikuti!

pengguna facebook indonesia
sumber: flickr

Facebook merupakan media sosial yang kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia sangatlah melekat. Saking nempelnya, saat kamu mulai menarik satu persatu rangkaian puzzle yang tak kasat mata di tengah aktifitas penggunaan media sosial tersebut, maka kamu akan menemukan peraturan tak tertulis pengguna Facebook Indonesia.

Sebagai salah satu warga negara Indonesia yang ingin berbaur dan juga menikmati kebahagiaan yang serupa, saya pun telah sekitar 8 tahun lamanya memiliki akun Facebook. Selama jangka waktu tersebut, saya secara perlahan mulai menyadari adanya peraturan tak tertulis pengguna Facebook Indonesia.

Apa sih maksudnya peraturan tak tertulis itu? Manusia merupakan makhluk sosial, yang mana setiap aktifitas sosial mereka dipenuhi dengan peraturan-peraturan yang tak perlu ditulis untuk disadari manusia lainnya. Rupanya, hal itu juga ada di antara pengguna Facebook Indonesia.

Peraturan tertulis itu memang cara jitu dalam mengatur perilaku pengguna Facebook Indonesia, yang tak jarang sering melewati batas-batas norma. Sayangnya, kadang kala juga peraturan tersebut bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi mereka yang ingin sekedar berbagi atau mencurahkan isi hati yang mungkin sulit diungkapkan di dunia nyata.

Apa saja peraturan tak tertulis pengguna Facebook Indonesia yang saya maksud tersebut? Berikut ulasannya.

Dilarang Curhat Secara Berkala

pengguna facebook indonesia
sumber: newsroom

Banyak orang yang menilai jika postingan pada Facebook adalah cerminan diri seseorang, tapi tak pernah sekalipun saya mendengar Mark Zuckerberg yang bahkan menciptakan Facebook mengatakan hal tersebut.

Setiap kali kita membuka laman Facebook, hal pertama yang akan kita dengar adalah What’s on your mind? Atau, Apa yang kamu pikirkan? Hal itu menandakan postingan merupakan curahan pikiran yang tengah dipikirkan oleh penggunanya.

Manusia dibekali dengan pikiran, yang kadang kala bisa merupakan isi kepala mereka, namun kadang kala juga bisa berupa hal yang tengah dirasakan di dalam hatinya. Sayang, setiap pengguna Facebook tak menerima hal itu.

Ketahuan Lagi, Data Pengguna Facebook Dibagikan Ke Vendor Smartphone!

Beberapa waktu lalu lini masa diramaikan dengan kasus tersebarnya data pengguna Facebook melalui aplikasi ketiga, yang tanpa diketahui oleh penggunanya sendiri. Saat ini, muncul kembali kabar yang menyebutkan Facebook turut membagikan data penggunanya kepada vendor smartphone.
Baca Juga

Seringkali saya melihat pengguna lain memberikan komentar yang tidak menyenangkan bagi penulis postingan. Contohnya saja, ada postingan pengguna Facebook Indonesia yang menggambarkan perasaan mereka saat itu, entah sedih ataupun senang.

Namun, seringkali postingan yang bisa digambarkan sebagai curahan hati menjadi bahan olok-olokan pengguna lain. Ya, suatu ketika saya sering melihat postingan yang berisi komentar, “curhat mulu, ga aus?”, atau “jangan kebanyakan curhat di Facebook, banyak orang yang liat”.

Apalagi peraturan tak tertulis pengguna Facebook Indonesia? silahkan kunjungi laman selanjutnya.