Makin Cerdas! Ini 5 Ancaman AI yang Mungkin Saja Menimpa Manusia!

ancaman ai

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan belakangan ini semakin menghebohkan penduduk Bumi. Melesatnya pertumbuhan teknologi tersebut seakan membuat banyak orang lupa, jika ancaman AI mungkin saja menimpa manusia.

AI merupakan teknologi yang diciptakan untuk mampu mempelajari aktifitas penggunanya. Sehingga, kedepannya teknologi tersebut mampu membantu dalam meringankan pekerjaan manusia, tanpa harus disesuaikan terlebih dahulu. Satu hal yang dilupakan oleh manusia adalah ancaman AI, yang mungkin saja terjadi.

Salah satu contoh perkembangan AI yang sangat nyata saat ini adalah kemampuan Google Assistant yang bisa diajak bicara tanpa harus mengucapkan kalimat ajaib “OK Google”. Padahal, sebelumnya AI buatan Google tersebut baru akan aktif ketika kalimat ajaib diucapkan penggunanya.

Saat ini, Google telah mengembangkan teknologi tersebut ke langkah yang lebih jauh lagi. Dengan begitu, pengguna bisa berbincang dengan Google Assistant tanpa harus memanggilnya terlebih dahulu. Hal ini cukup mengerikan, karena bisa jadi awal mulai ancaman AI yang mungkin menimpa manusia.

ancaman ai

Contoh lainnya yang nyata adalah kemampuan AI dalam mengingat wajah manusia. Dengan adanya kemampuan tersebut, saat ini perangkat smartphone saja sudah bisa dibuka layar terkuncinya hanya dengan pengguna memindai wajah mereka.

Setelah berpikir selama beberapa hari di dalam ruangan yang dipenuhi oleh perangkat yang telah dilengkapi AI, saya mulai memikirkan rangkaian ancaman AI yang mungkin, atau bahkan sangat mungkin untuk menimpa manusia.

Mau Dapat Nintendo Switch dan PS4 Gratis? Begini Caranya!

Dalam waktu dekat akan digelar lagi sebuah ajang yang akan menuliskan sejarah baru di industri game Indonesia. Di acara tersebut kamu bisa dapat PS4 gratis!
Baca Juga

Hal tersebut tentu sangat menakutkan bagi manusia, yang notabene merupakan pencipta dibalik kehadiran kecerdasan buatan. Tentu sudah seringkali kita melihat film ataupun cerita fiksi yang menggambarkan hancurnya abad manusia berkat teknologi tersebut.

Namun, saya tidak akan membahas sampai sejauh itu, karena mungkin ancaman AI yang sampai membumihanguskan umat manusia masih sangat jauh untuk kita alami. Saya akan membahas beberapa hal yang lebih ringan, yang bisa menjadi perbincangan asik dalam mewarnai PojokTekno pada hari ini.

Apa saja sih kelima ancaman AI yang saya bicarakan tersebut? Kamu bisa menemukannya di halaman selanjutnya!