Pemerintah Siapkan Bantuan Dana Pengembang Game Lokal Hingga 6 Miliar!

bantuan dana pengembang game lokal

Market share game di Indonesia yang sangat besar menjadi perhatian tersendiri oleh pemerintah Indonesia. Untuk mendukung perkembangan kreator game di Tanah Air, pemerintah telah menyiapkan bantuan dana pengembang game lokal dengan nilai mencapai enam miliar.

Berlangsung di Business Day BEKRAF Game Prime 2018 di Jakarta, Jumat (13/7), Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari mengungkapkan jika pemerintah Indonesia mendukung pengembang game lokal agar dapat menambahkan kontribusi mereka di persaingan pasar game. Bentuk dukungan yang dimaksud berupa bantuan dana pengembang game lokal, yang nilainya miliaran rupiah.

“Market share game di Indonesia sangatlah besar. Sayangnya, angka sebesar itu hanya diisi oleh satu persen pengembang lokal. Maka dari itu, pemerintah melalui BEKRAF telah menyiapkan bantuan dana pengembang game lokal dengan nilai mencapai enam miliar,” kata Hari.

Bantuan dana pengembang game lokal yang dipersiapkan oleh pemerintah itupun tidak tanggung-tanggung. Pasalnya, dana tersebut bukanlah pinjaman, melainkan berupa grand yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang dalam meningkatkan perusahaan mereka.

bantuan dana pengembang game lokal
Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari

“Dana yang telah disiapkan bukanlah pinjaman, melainkan grand. Dengan demikian, pengembang sangat wajib untuk meningkatkan nilai perusahaan mereka dengan bantuan tersebut. Tentu, tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai pengembang game Indonesia di mata dunia,” tekan Hari.

Setiap pengembang berkemungkinan untuk mendapat bantuan dengan nilai yang cukup besar. Adapun range bantuan dana pengembang game lokal yang bisa di dapatkan adalah mulai dari Rp50 juta hingga Rp200 juta.

“Setiap pengembang bisa mendapatkan bantuan dana mulai dari 50 juta hingga 200 juta. Dengan adanya dana tersebut, maka harapan Indonesia untuk menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar pengembang game dunia akan semakin besar,” ucapnya.

Hari sendiri mengaku, saat ini masih banyak yang menilai game hanya sebagai sarana hiburan. Padahal, game juga merupakan industri yang bahkan memiliki pemasukan yang sangat besar.

“Bagi orang seusia saya, masih banyak yang menilai game sebagai sarana hiburan. Padahal, game adalah salah satu industri yang memiliki penghasilan sangat besar. Maka dari itu, Indonesia dengan pasar game terbesar harus ikut serta di dalam industri tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan penuturan Narendra selaku Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI), Indonesia menjadi market share game terbesar yang menduduki posisi 16 di dunia. “Tanpa kita sadari, Indonesia adalah market share game terbesar, hingga berhasil menduduki posisi 16 besar di dunia. Sayangnya, hanya 5 persen pengembang lokal yang berhasil berkontribusi di dalamnya,” jelas Narendra.

Maka dari itu, diperlukan langkah yang tepat untuk memperkenalkan industri game lebih luas lagi. Salah satu caranya adalah dengan menggelar sebuah acara tahunan, yang salah satunya telah diwujudkan melalui BEKRAF Game Prime.

2018 merupakan tahun ketiga digelarnya BEKRAF Game Prime. Berdasarkan pengakuan CEO IDEA Network, Ricky Setiawan, acara ini memiliki dua tujuan besar untuk meningkatkan perkembangan industri game Tanah Air.

“BEKRAF Game Prime merupakan sebuah acara dengan dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk memberikan panggung bagi pengembang lokal memamerkan karya mereka ke depan umum. Adapun tujuan yang kedua adalah untuk menginspirasi banyak orang akan menariknya industri game,” tutur Ricky.

BEKRAF Game Prime 2018 akan berlangsuung sesi Public Day pada 14 hingga 15 Juli 2018. Kamu yang tertarik melihat game buatan lokal bisa langsung mendapatkan tiket acara tahunan tersebut secara gratis di melalui link ini.