BEKRAF Game Prime 2018, Tempatnya Game Lokal yang Berkuasa!

BEKRAF Game Prime 2018
Triyawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif

Setelah selesai dengan hari pertama yang fokus membicarakan sisi bisnis, akhirnya hari dimana game lokal berkuasa tiba di BEKRAF Game Prime 2018. Ratusan booth yang tersedia pun penuh oleh para pengembang yang ingin memamerkan game buatan mereka.

Berlangsung di Balai Kartini, Jakarta (14/7), Public Day BEKRAF Game Prime 2018 akhirnya dibuka. Acara tahunan yang sering disebut sebagai lebarannya para pengembang game Indonesia pun menjadi panggung bagi mereka yang sudah siap memamerkan game buatannya. Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf pun membuka acara tersebut.

“Setiap tahunnya, BEKRAF bersama AGI dan IDEA Network bekerja sama untuk mengadakan tempat bagi game lokal tampil ke depan umum. Dan di hari ini, BEKRAF Game Prime 2018 akhirnya dibuka untuk bisa dikunjungi oleh masyarakat luas,” buka Triawan.

Triyawan mengatakan, Indonesia adalah pangsa pasar game yang sudah dipandang oleh banyak pengembang dunia. “Indonesia adalah pangsa pasar yang sangat menjanjikan bagi para pengembang game dunia, hal itu terlihat dari posisi Indonesia sebagai market share yang di tahun ini meningkat ke urutan 16 dunia,” jelas Triawan.

BEKRAF Game Prime 2018
Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif) dan Hari (Deputi Badan Ekonomi Kreatif) sedang melihat game Nintendo Switch buatan Toge Production

Dengan urutan yang diduduki Indonesia tersebut, tidak heran jika nilai dari market game yang didapat dari Indonesia mencapai angka USD880 juta. “Nilai 880 juta dolar berhasil diraih dari Indonesia. Nilai tersebut sangat besar, dan tidak heran meningkatkan Indenesia ke urutan 16 besar di dunia,” jelasnya.

Sayangnya, Triawan mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki oleh AGI, hanya 5 persen pengembang lokal yang berkontribusi di pasar game Indonesia. “Walau urutan dan nilai yang dimiliki dari pasar game Indonesia begitu besar, namun cakupan pengembang lokal di dalamnya hanya 5 persen, Angka tersebut tentu sangat kecil,” aku Triawan.

Event Tahunan ini Bikin Kamu Lihat Banyak Sisi Positif Game!

Game dikenal memiliki banyak nilai negatif. Untuk merubah penilaian tersebut, muncul sebuah event di Indonesia untuk tampilkan sisi positif game.
Baca Juga

Berangkat dari hal tersebut, maka BEKRAF untuk ketiga kalinya menggelar acara yang mampu menjadikan game lokal sebagai penguasa. Acara tahunan yang dimaksudnya tersebut adalah BEKRAF Game Prime.

“BEKRAF Game Prime adalah tempat bagi para pengembang lokal untuk memungkinkan pengembang Indonesia agar bisa memamerkan game buatan mereka kepada masyarakat secara langsung. Acara ini adalah tempat dimana game lokal yang menjadi bintang,” tuturnya.

BEKRAF Game Prime 2018

Pada acara tersebut setidaknya terdapat ratusan game lokal yang dapat dilihat secara langsung oleh amasyarakat, mulai dari game yang terkenal, hingga game yang belum beredar di pasaran.

Pengembang lokal yang hadir di BEKRAF Game Prime 2018 antara lain TOGE, Agate, Lentera Nusantara, dan masih banyak pengembang lainnya.

Jika kamu ingin melihat sejauh mana perkembangan game lokal, maka jangan tahan dirimu untuk mengunjungi BEKRAF Game Prime 2018. Kamu pun tak perlu memungut biaya, karena tiket bisa di dapatkan gratis melalui link ini.