Niat Menghilangkan Poni, Huawei Persiapkan Teknologi Layar Berlubang!

teknologi layar berlubang

Notch atau poni pada smartphone merupakan inovasi baru, yang kehadirannya cukup kontroversial bagi pengguna smartphone. Menyadari hal tersebut, Huawei yang merupakan salah satu vendor yang paling inovatif dipercaya tengah menyiapkan teknologi layar berlubang untuk menyudahi era notch.

Dilansir dari sebuah surat kabar elektronik asal Korea Selatan, etnews, Huawei saat ini tengah mengembangkan sebuah terobosan baru yang mampu menghentikan era notch atau poni dengan cepat. Huawei akan menjadi vendor pertama yang menghadirkan teknologi layar berlubang.

Hilangnya era notch dengan teknologi layar berlubang besutan Huawei mungkin akan menjadi alasan yang tepat untuk menyudahi kontroversi yang masih terjadi saat ini. Namun, kehadirannya juga bisa menyebabkan kontroversi baru, karena dilihat dari gambar yang memperkirakannya, teknologi tersebut masih kurang nyaman di mata.

Teknologi layar berlubang itu memang menyebabkan notch pada layar akan menghilang. Sayangnya, hal itu bukan berarti benar-benar membuat layar terbebas dari hardware lain yang mengganggu.

teknologi layar berlubang

Pasalnya, lubang yang diciptakan oleh Huawei pada panel yang dimaksud bertujuan sebagai lokasi dari kamera selfi perangkat terkait. Dengan demikian, layar tersebut tetap masih memiliki ruang yang terpakai, hanya saja dengan skala yang lebih kecil dibandingkan notch.

Hal lain yang dapat disadari dari teknologi besutan Huawei tersebut adalah ruang diatas layar yang sedikit lebih lebar dibandingkan smartphone dengan notch. Hal itu disebabkan oleh lubang yang hanya ditujukan bagi kamera selfie, sementara itu tidak ada ruang lain bagi earpiece speaker dan sensor-sensor, maka tidak heran sisi atas memiliki jarak yang besar.

Tahun Depan Bakal Muncul Smartphone Layar Lipat Pertama dari Samsung!

Belakangan ini Samsung dinilai sebagai vendor yang membosankan, namun tahun depan vendor tersebut akan menghadirkan smartphone layar lipat pertama.
Baca Juga

Konsep yang menggambarkan teknologi layar berlubang dari Huawei tersebut juga menunjukan adanya teknologi pemindai jari yang tersemat di panel. Dengan demikian, Huawei juga terlihat akan mengaplikasikan teknologi pemindai jari di layar.

Walau teknologi tersebut belum ditampilkan oleh Huawei, dan masih dalam tahap pengembangan, namun sudah ada beberapa pihak yang tidak menyukainya. Salah satunya adalah halaman GSM Arena, yang menilai teknologi slide-out yang ditampilkan oleh OPPO melalui Find X dinilai lebih elegan.

teknologi layar berlubang

Hal itu juga menjadi penilaian saya saat ini, dikarenakan teknologi slide-out masih baru, dan cukup mengagumkan saat tampil dengan sempurna seperti OPPO Find X.

Pun demikian, kita harus menyadari, jika setiap vendor memiliki inovasinya sendiri. Yang terpenting, Huawei harus mengembangkannya secara lebih jauh lagi agar teknologinya tersebut diterima dengan baik oleh pasar.