Apakah Harga Xiaomi Mi A2 Kemahalan? Saya Temukan 10 Alasannya!

harga xiaomi mi a2

Mi A2 akhirnya resmi diperkenalkan setelah berminggu-minggu kita harus menelan beragam bocorannya. Harga Xiaomi Mi A2 pun tembus hingga 4 juta rupiah. Tak heran jika banyak pihak yang menggerutu akan hal tersebut. Namun, apakah benar harga tersebut kemahalan? Atau malah sudah sesuai?

Mi A2 adalah perangkat yang melanjuti kesuksesan produk smartphone bersistem operasikan Android One dari Xiaomi, yang dimulai pada tahun lalu dengan Mi A1. Kabar dari perangkat itu pun terus berdatangan. Dan kini, tidak hanya spesifikasi, namun harga Xiaomi Mi A2 pun telah diumumkan oleh pihaknya.

Sayangnya, dikarenakan harga Xiaomi Mi A2 yang menyentuh angka EUR249 atau sekitar Rp4,2 jutaan, banyak orang yang menilai perangkat tersebut kemahalan. Mengingat harga seri pertamanya yang sangat ramah di kantong (kalau tidak salah harga pertamanya dikisaran Rp3 jutaan), maka penilaian tersebut wajar saja keluar.

Sebagai salah satu penulis yang gemar membicarakan Xiaomi, sudah menjadi kewajiban jika saya mencoba mencari tahu hal-hal yang mungkin menjadi alasan dibalik harga Xiaomi Mi A2 tersebut. Harga yang dinilai terlalu tinggi peningkatannya.

harga xiaomi mi a2

Setelah melakukan penelusuran yang cukup jauh, saya pun menemukan 10 hal yang mungkin menjadi alasan dibalik mahalnya harga Xiaomi Mi A2, jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Berikut hasil penelusuran tersebut.

Chipset yang Meningkat

harga xiaomi mi a2

Hal pertama yang saya temukan dan nampaknya menjadi patokan harga Xiaomi Mi A2 adalah penggunaan chipset yang usianya lebih muda dari seri sebelumnya. Mi A2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 660.

Saat saya mencoba mengingat-ingat, saya sadar jika chipset yang digunakan Xiaomi ke dalam Mi A2 jauh lebih muda usianya. Snapdragon 660 adalah chipset yang meluncur pada 9 Mei 2017. Sementara itu, Mi A1 adalah smartphone yang dibekali chipset kelahiran Februari 2016, yakni Snapdragon 625.

Ada Versi Murah Xiaomi Mi A2, Harganya Lebih Terjangkau!

Kita sudah mengetahui harga dari Mi A2, namun muncul kabar soal versi murah Xiaomi Mi A2, yang mana lebih terjangkau dan ramah kantong.
Baca Juga

Terlebih, core di dalam Snapdragon 660 terkesan lebih galak, karena di dalamnya tersemat 4 core Kryo 260 2.2 GHz Cortex-A73 dan 4 core Kryo 260 1.6 GHz Cortex-A53. Pengolah grafis di dalamnya pun lebih menjanjikan, yakni Adreno 512 (Snapdragon 625 dibekali pengolah grafis Adreno 506).

Teknologi RAM Meningkat

harga xiaomi mi a2

Tidak hanya melakukan peningkatan dari sisi chipset saja, namun Xiaomi juga memberikan sentuhan lebih garang dari sisi RAM Mi A2, yang mungkin menjadi perhitungan harga Xiaomi Mi A2. Perangkat tersebut dibekali dengan teknologi RAM LPDDR4X.

Padahal, pada Xiaomi Mi A1 sendiri pihaknya masih menggunakan LPDDR3. Secara teori, Mi A2 menawarkan efisiensi daya yang lebih tinggi, serta transmisi data bisa lebih cepat.

Temukan kemungkinan alasan lainnya dibalik peningkatan harga Xiaomi Mi A2 yang cukup tinggi di halaman selanjutnya!