Waduh, Google Ternyata Masih Bisa Lacak Lokasi Meskipun GPS Mati!

Waduh, Google Ternyata Masih Bisa Lacak Lokasi Meskipun GPS Mati!

Waduh, Google ternyata masih bisa lacak lokasi meskipun GPS mati! Kebanyakan orang, memilih mematikan GPS agar ponselnya tidak bisa dilacak, akan tetapi ternyata itu salah besar.

Menurut Associated Press yang juga melibatkan peneliti dari ilmu komputer Princeton, Google dengan layanannya menyimpan berbagai data, baik dari perangkat Android maupun iOS.

Salah satu layanan yang paling sering digunakan adalah Google Maps, di mana aplikasi tersebut bisa mengambil data salah satunya data lokasi.

Google Maps

Menariknya, aplikasi Google Maps ini, masih bisa melacak lokasi meskipun penggunanya tidak menggunakan GPS dalam perangkat smartphone Android mereka atau keadaan GPS mati.

Bahkan, lokasi pengguna tetap bisa terlacak meskipun para pengguna mematikan fitur “history location” yang di mana berguna untuk menyimpan riwayat tempat yang telah dilewati pengguna.

Mematikan fitur “history location” ternyata hanya mematikan semua riwayat lokasi, tidak muncul di timeline akun Google pengguna.

Meskipun riwayat lokasi tidak muncul di timeline akun Google kamu, ternyata Google masih menyimpan data riwayat lokasi di server mereka!

Bagaimana Caranya Agar Tidak Terdeteksi Google?
Waduh, Google Ternyata Masih Bisa Lacak Lokasi Meskipun GPS Mati!

Lalu pertanyaan yang pasti akan muncul adalah bagaimana caranya agar tidak terdeteksi Google secara penuh? Caranya adalah jangan gunakan smartphone.

Hanya saja hal tersebut tidaklah memungkinkan. Terlebih di zaman sekarang, smartphone sudah menjadi kebutuhan utama, bagi setiap masyarakat.

Sebenarnya Google masih memberikan kesempatan bagi para penggunanya, untuk menjadikan Google tidak mendeteksi lokasi para penggunanya.

Caranya adalah dengan mematikan fitur yang dinamakan “Web & App Activity“. Oke caranya adalah:

  • Buka Menu Pengaturan.
  • Pilih menu Google dan Google Accounts.
  • Tap pada¬†tab data & personalisation, lalu pada Web & App Activity geser ke arah matikan.
  • Kamu juga bisa geser ke arah matikan untuk “History Location” di tab menu ini.

Ketahuan Lagi, Data Pengguna Facebook Dibagikan Ke Vendor Smartphone!

Beberapa waktu lalu lini masa diramaikan dengan kasus tersebarnya data pengguna Facebook melalui aplikasi ketiga, yang tanpa diketahui oleh penggunanya sendiri. Saat ini, muncul kembali kabar yang menyebutkan Facebook turut membagikan data penggunanya kepada vendor smartphone.
Baca Juga

Sejauh ini memang kewenangan privasi yang kita berikan kepada Google memang tidak terlihat begitu mengganggu di dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan lebih banyak membantu!

Akan tetapi, bagi yang sangat menghargai privasi seseorang, kamu tentu perlu mengetahui hal ini agar nantinya tidak terjadi hal yang membuatmu kurang nyaman.

Apakah kamu salah satu orang yang menjadi tidak nyaman ketika privasimu terusik?