Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Tidak seperti developer lainnya, Epic Games membuat Fortnite absen di Play Store, padahal mereka telah merilis Fortnite untuk Android!

Epic Games lebih memilih untuk menyediakan akses download game Fortnite mereka melalui situs resmi mereka.

Apa sih penyebab Epic Games tidak mau memasukan Fortnite mereka ke Play Store? Ternyata alasannya sungguh klasik, yaitu Epic Games tidak mau bagi hasil dengan Google sebesar 30% dari pendapatan, jika ingin memasukan game mereka ke Play Store.

Google Play Instant, Kamu Bisa Main Game Android Tanpa Install Terlebih Dahulu

Google Play Instant adalah sebuah fitur dari Google Play di mana kamu bisa mencoba sebuah aplikasi termasuk game di dalamnya tanpa harus mengunduh dan menginstal game tersebut terlebih dahulu.
Baca Juga

30% dari pendapatan memang bukanlah angka yang kecil. Padahal jika Google dan Epic Games mau saling tawar menawar dalam pembagian hasil, itu akan menguntungkan baik Google maupun Epic Games!

Dengan terjadinya Fortnite absen di Play Store, hal ini tidak hanya merugikan Google semata, melainkan para pengguna Xiaomi atau bahkan pengguna Android lainnya.

Jika Google akan kehilangan pendapatan yang besar dari Fortnite, para pengguna akan mengalami kerugian jaminan keamanan perangkat serta otomasi aplikasi.

Maksudnya adalah para pengguna harus melakukan update secara manual, jika nantinya terdapat update pada game Fortnite.

Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Padahal jika melalui Play Store, para pengguna tidak perlu mengunduh file apk lagi hanya untuk melakukan update dan membuat memori penyimpanan penuh.

Tidak terlepas juga hal ini akan membuat keamanan perangkat para pengguna menjadi terancam.

Siapa yang tahu, hal ini akan dimanfaatkan para hacker untuk melaksanakan aksinya, dengan cara membelokkan para pengguna ke situs palsu untuk mengunduh apk palsu.

Nantinya bukan Fortnite yang diunduh dan dimainkan, melainkan file apk palsu yang isinya ternyata jutaan virus, yang siap merusak atau bahkan mencuri berbagai data dalam smartphone Android.

Fortnite Absen, Epic Games Malah Untung

Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Sayangnya kejadian ini, ternyata sama sekali tidak memengaruhi Epic Games, selaku pengembang dari game Fortnite.

Epic Games sendiri tidak akan terlalu rugi jika hanya sedikit pemain yang memainkan Fortnite, sebab Epic Games sendiri sudah berhasil meraih pendapatan hingga 1 Miliar USD hanya dari Fortnite versi konsol.

Pantas saja jika Epic Games tidak takut jika mereka jadikan Fortnite absen di Play Store. Mungkin ada baiknya jika Google bisa melakukan tawar menawar, agar Epic Games tertarik untuk memasukan Fortnite ke Play store.

Sumber: Forbes.