Masalah Android Pie, Pengguna Tidak Bisa Lagi Merekam Perbincangan!

masalah android pie
sumber: The Verge

Baru saja diperkenalkan, namun masalah Android Pie telah muncul ke publik. Sistem operasi Android kesembilan tersebut dipercaya membuat penggunanya tidak bisa lagi merekam perbincangan mereka melalui telepon.

Biasanya, pengguna Android dapat merekam perbincangan mereka di telepon melalui sebuah aplikasi. Sayang, masalah Android Pie yang muncul membuat pengguna tidak bisa lagi melakukan hal tersebut. Bahkan, para pengembang aplikasi sejenis telah menginformasikan kepada pelanggan mereka.

Aplikasi perekam telepon memungkinkan pengguna untuk menyimpan bukti perbincangan mereka. Dengan demikian, jika terdapat hal-hal yang membahayakan, hal itu bisa menjadi bukti yang kuat ke depannya.

Fitur tersebut bahkan sempat disematkan Android ke dalam API. Dengan demikian, pengembang bisa menambahkan fungsi tersebut secara langsung ke dalam aplikasi buatan mereka. Sayangnya, fitur tersebut tidak dapat digunakan kembali sejak Android Marshmallow.

masalah android pie
sumber: AndroidAuthority

Pun demikian, sejak saat itu banyak pengembang yang mencoba menghadirkan fitur serupa, namun melalui aplikasi yang mereka buat. Maka dari itu, banyak aplikasi perekam perbincangan yang muncul, dan dimanfaatkan oleh para pengguna Android.

Sayangnya, masalah Android Pie menyebabkan aplikasi sejenis itu tidak dapat lagi digunakan. Langkah Google membuat Pie menjadi sistem operasi yang memblokir seluruh jalan aplikasi perekam telepon. Hal itu menjadi konflik tersendiri, baik bagi pengguna maupun pengembang.

5 Alasan Nama Android P Jadi Pie, Bukan Putu, Pukis, atau Piscok!

Nama Android P telah diumumkan secara resmi. Google pun memilih Pie menjadi sebutan bagi Android veri kesembilan tersebut. Apa alasannya?
Baca Juga

Pun demikian, masih ada satu cara yang bisa dilakukan oleh mereka yang tetap ingin memiliki aplikasi perekam, yakni dengan melakukan rooting. Tentu, hal itu akan sangat berbahaya, dan dipastikan memiliki efek negatif ke depannya.

Pemblokiran terhadap suatu fitur aplikasi bukan untuk pertama kalinya dilakukan oleh Google. Tahun lalu saja, Android O tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengambil alih sistem UI.

update android p
sumber: Android Central

Masalah Android Pie ini tentu akan melahirkan banyak korban. Walaupun dinilai sebagai langkah yang melindungi pengguna, namun tentu saja akan muncul kontra, tanpa tenggat waktu yang bisa kita ketahui.

Kira-kira, fitur apalagi yang akan dihapus oleh Google pada sistem operasi terbarunya nanti, yang tentu saja setelah Android Pie ini? Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya!