Chipset Terkuat Qualcomm di Tahun Depan Bakal Lebih Kecil dan Lebih Kuat!

chipset terkuat qualcomm
sumber: wccftech

Qualcomm adalah produsen salah satu komponen smartphone yang terus bekerja keras dalam menghadirkan inovasi terbaru tiap tahunnya. Nah, di tahun depan akan muncul chipset terkuat Qualcomm yang konon lebih kecil sekaligus lebih kuat.

Setelah berhasil menghadirkan Snapdragon 845, tahun depan akan menjadi saat dimana kita kembali melihat chipset terkuat Qualcomm. Menurut rumor yang tersebar, nama yang akan digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 855.

Chipset terkuat Qualcomm yang melanjuti generasi 845 tersebut akan dibangun di atas proses manufaktur 7 nm. Dengan demikian, chipset itu akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil lagi dari generasi sebelumnya.

Jika kita mengingat-ingatnya, pada Snapdragon 845, chipset terkuat Qualcomm di tahun 2018, proses manufaktur yang digunakan adalah 10 nm. Dengan ukuran yang kecil, banyak vendor yang pada akhirnya bisa menyematkan baterai lebih besar dan komponen lainnya yang lebih baik, dengan ukuran smartphone yang makin tipis.

chipset terkuat qualcomm
sumber: MixIndia

Nah, ketika Snapdragon 855 nanti muncul, maka tak menutup kemungkinan para vendor yang akrab dengan Qualcomm akan menyematkan beragam komponen lebih hebat lagi, dan kapasitas baterai yang lebih besar ke dalam smartphone kelas kakap mereka.

Qualcomm hingga saat ini enggan untuk membuka mulut soal kemampuan lengkap dari produk terbarunya itu. Bahkan, nama Snapdragon 855 saja belum diumumkan secara resmi oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Muncul Smartphone Harga 2 Juta yang Sudah Dibekali Teknologi AI!

Smartphone harga 2 juta biasanya hadir dengan spesifikasi seadanya. Namun perangkat baru dari Infinix yang harganya serupa telah dibekali dengan AI.
Baca Juga

Pun demikian, sudah banyak rumor yang membicarakan chipset terkuat Qualcomm di tahun depan itu. Salah satu yang sering dibicarakan adalah kehadiran modem X50. Konon, modem tersebut memungkinkan perangkat untuk menerima jaringan 5G.

Selain itu, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah Snapdragon 855 akan menghadirkan performa yang lebih baik lagi. Tidak hanya itu, kemampuan efisiensi baterai juga akan turut meningkat. Teknologi proses AI juga akan menjadi nilai jual utama produk tersebut nantinya.

chipset terkuat qualcomm
sumber: GSM Arena

Nah, berbicara soal kehadirannya di dalam perangkat, banyak pihak yang meyakini jika Snapdragon 855 akan muncul pertama kalinya pada sebuah smartphone yang meluncur di kuartal pertama 2019. Kemungkinan besar, Samsung akan menjadi yang pertama melalui Galaxy S10 miliknya.

Bagaimana menurut kamu?