Samsung Hadirkan Headset VR Tanpa Kabel! Pakai Teknologi Apa?

headset VR tanpa kabel
sumber: TN View

Samsung tidak hanya getol dalam menghadirkan smartphone, karena pihaknya saat ini ketahuan telah menyiapkan Headset VR tanpa kabel. Teknologi yang dimanfaatkannya pun bikin saya cukup penasaran dalam membahas produk VR dari Korea Selatan tersebut.

Jika kita menyadari keikutsertaan Samsung ke dalam pasar VR, maka kita akan mengetahui nama HMD Odyssey. Ya, pada tahun lalu pihaknya memperkenalkan HMD Odyssey sebagai perangkat VR mereka. Dan, di tahun ini pihaknya melanjuti perangkat tersebut dengan Headset VR tanpa kabel.

Tentu hal ini cukup mengejukan, mengingat semua perangkat VR yang ada di pasaran saat ini masih membutuhkan jaringan kabel. Kehadiran jaringan kabel tersebut adalah untuk menyempurnakan segala fitur yang akan dinikmati oleh para pengguna.

Namun, hal tersebut nampaknya akan dipatahkan oleh Samsung melalui headset VR tanpa kabel miliknya, yang telah bocor di halaman Launch Studio. Pada laman tersebut dijelaskan jika perangkat tersebut memiliki jaringan Bluetooth.

Sebelum kita membahas Headset VR tanpa kabel yang menjadi produk baru dari Samsung, maka ada baiknya untuk terlebih dahulu untuk mengenal HMD Odyssey versi pertama.

HMD Odyssey versi Pertama

headset VR tanpa kabel
sumber: Digital Trend

Pada tahun 2017 lalu, jauh sebelum munculnya kabar tentang headset VR tanpa kabel, HMD Odyssey adalah perangkat hasil kolaborasi Samsung dengan Windows. Dengan demikian, tak heran jika terdapat fitur Windows Mixed Reality.

HMD Odyssey adalah headset yang dilengkapi dengan dua layar 3,5 inci yang berteknologikan AMOLED. Layar perangkat tersebut menyuguhkan 1440 x 1600 titik sebagai sudut pandang penggunanya. Sudut pandang yang diraihnya pun mencapai 110 derajat Field of View.

Harga Teknologi VR akan Menurun Seiring Berjalannya Waktu! Kok Bisa?

Harga teknologi VR dikenal paling tidak bersahabat dengan kantong kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, rupanya hal itu tidak akan berlangsung selamanya.
Baca Juga

Teknologi suara yang dimanfaatkan pun di dukung oleh AKG, yang mampu menghadirkan 360 derajat Spatial Sound. Sayangnya, teknologi VR dari Samsung itu masih memanfaatkan jaringan kabel agar kinerjanya sempurna.

HMD Odyssey+, Headset VR Tanpa Kabel Perubah Masa Depan

headset VR tanpa kabel
sumber: TN View

Pada informasi yang tampil di halaman Launch Studio, diketahui jika perangkat VR terbaru dari Samsung tersebut bernama HMD Odyssey+. Perangkat yang melanjuti versi tahun lalunya itu pun akan hadir sebagai headset VR tanpa kabel.

Indikator pertama yang menjelaskan jika headset VR tanpa kabel itu benar adanya adalah berkat teknologi Bluetooth yang dijelaskan secara gamblang. Sayangnya, banyak pihak yang menilai jika teknologi Bluetooth tersebut hanya bertujuan untuk gamepad atau game controller yang bisa dihubungkan dengannya.

Bagaimana Rasanya Main Game Multiplayer VR? Shinta VR Berikan Kamu Kesempatan Mencicipinya!

Game VR biasanya dimainkan secara sendirian, atau yang lebih dikenal dengan single player. Namun, bagaimana rasanya saat kita main game multiplayer VR?
Baca Juga

Namun, di sisi lain banyak pihak yang yakin jika headset VR tanpa kabel tersebut akan bekerja secara mandiri. Dengan demikian, perangkat tidak butuh dihubungkan dengan teknologi lainnya, seperti PC ataupun konsol.

Informasi lain yang bisa ditarik pada laman yang sama adalah kehadiran dua varian yang disuguhkannya. Pasalnya, terdapat dua model number yang sama pada laman tersebut, yakni XE800ZBA dan ZQ800ZBA. Sayangnya, hingga artikel ini diturunkan belum ada informasi perbedaan dari kedua model tersebut.

headset VR tanpa kabel
sumber: YouTube

Satu yang pasti, headset VR tanpa kabel dari Samsung tersebut akan merubah masa depan pasar VR. Saya sangat berharap, ke depannya dunia akan berjalan seperti yang ditampilkan pada seri film Sword Art Online: Ordinal Scale.