Ini Aplikasi Windows 95 untuk Kamu yang Ingin “Nostalgila”

aplikasi windows 95

Jika kamu termasuk generasi Y, mungkin kamu pernah merasakan sistem operasi Windows 95. Sekarang kamu juga bisa menggunakan aplikasi Windows 95 untuk kamu yang ingin nostalgia.

Windows 95 adalah salah satu versi sistem operasi PC Windows. Sistem operasi ini rilis pada tahun 95, tepatnya 24 Agustus 1995. Pada Windows versi ini lah pertama kali munculnya fitur menu “Start” yang hingga saat ini menjadi ciri khas dari sistem operasi Windows.

Nah buat kamu yang ingin nostalgia, kamu tidak perlu ber-“nostalgila” dengan cara menginstal ulang versi Windows kamu ke versi Windows 95. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi satu ini.

Felix Rieseberg, pengembang dari salah satu distro Linux Slack, mengembangkan sebuah aplikasi Windows 95. Aplikasi ini bukan aplikasi yang dikhususkan untuk Windows 95, akan tetapi aplikasi untuk menjalankan Windows 95.

aplikasi windows 95
Sumber: TheVerge

Kamu tidak perlu pusing lagi untuk menginstal komputer virtual atau bahkan melakukan downgrade ke Windows 95, yang mungkin PC atau laptop kamu sudah tidak bisa menerima sistem operasi usang.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Windows 95 ini. Setelah berhasil mengunduh, lakukan instalasi seperti kamu menginstal berbagai software di PC kamu. Setelah itu, jalankan aplikasinya dan Windows 95 siap untuk “disantap”.

Nostalgia Gadget: Nokia 6600, HP yang Lebih Menggoda dari iPhone

Nokia merupakan vendor smartphone yang ketenarannya melebihi vendor manapun di masanya. Salah satu perangkat tersuksesnya adalah Nokia 6600, yang bagi saya pribadi lebih menggoda dibandingkan iPhone.
Baca Juga

Windows 95 ini memiliki fungsi sama persis dengan sistem operasi aslinya. Kamu bisa membuka aplikasi notepad, kamu bisa bermain minesweeper dan solitaire. Bahkan kamu bisa memainkan game DOS zaman dulu, Doom Series.

aplikasi windows 95

Sayangnya, kamu tidak bisa browsing menggunakan internet explorer dalam aplikasi Windows 95 ini. Tidak diketahui penyebabnya, internet explorer tidak dapat melakukan proses untuk bisa masuk ke jaringan internet.

Aplikasi Windows 95 ini memiliki ukuran yang kecil untuk masa sekarang, yaitu hanya 129 MB saja. Kamu bisa mengunduh aplikasi Windows 95 ini di Github, dan tersedia baik untuk Windows, Linux, bahkan MacOS.

Download Windows 95: Windows, Linux, MacOS.