Fitur Baru Facebook, Mempertemukanmu dengan Seorang yang Sehati?

fitur baru facebook
Sumber: Cnet

Jika kamu sedang mencari jodoh dan ingin jodohnya yang selalu “sehati”, kamu bisa mencoba fitur baru Facebook ini.

Facebook sepertinya tidak puas dengan jumlah pertemanan yang telah kita buat. Sebab fitur baru Facebook ini bisa menambahkan jumlah pertemanan kita, yang bernama “Things in Common“.

Untuk saat ini, fitur baru tersebut masih dalam tahap percobaan yang diberikan kepada para pengguna Facebook terpilih di Amerika Serikat.

Fitur baru Facebook ini, akan mencarikan teman yang memiliki kesamaan dalam hal umum. Contohnya adalah hobi yang sama, tempat jalan-jalan yang sama, selera baju yang sama dan lain sebagainya.

Tentu saja fitur ini akan menunjukkan akun Facebook lainnya yang belum masuk dalam daftar pertemanan. Fitur ini sebenarnya sangat mirip dengan fitur “People You May Know”.

Fitur “People You May Know” sendiri adalah sebuah fitur rekomendasi teman yang diberikan, berdasarkan dari kedekatan terhadap akun kita. Seperti temannya teman, teman satu sekolah atau kampus, dan lain sebagainya.

fitur baru facebook
sumber: TechCrunch

Lalu apa bedanya dengan “Things in Common”? Untuk fitur yang satu ini, Facebook memberikan rekomendasi teman berdasarkan kesukaan, hobi atau bahkan visi misi yang serupa.

Selain itu, fitur ini tidak akan memunculkan rekomendasi dalam bentuk kotak rekomendasi teman, melainkan sebagai label yang bertuliskan “Things in Common”, yang terletak di atas komentar sebuah akun Facebook di kolom komentar.


Belum ada kepastian mengenai fitur baru ini akan dirilis secara resmi. Hanya saja dengan fitur ini kemungkinan orang-orang akan memiliki pertemanan lebih banyak lagi karena memiliki kesamaan hal.

Merasa Data Facebook Kamu Bocor? Lapor ke Kominfo!

Masih seputar kasus Facebook yang dikenal dengan Cambridge Analytica. Jika merasa data Facebook kamu bocor, kamu bisa lapor langsung ke Kemenkominfo.
Baca Juga

Jika ternyata Facebook mengukur kesamaan hal tersebut berdasarkan cara pandang, mungkin akan memberikan efek positif dan negatif.

Positifnya adalah kita akan memiliki banyak pertemanan yang akrab, dikarenakan banyaknya teman yang memiliki persamaan dan kecocokan.

Negatifnya adalah pertemanan kita akan menjadi homogen atau tidak ada variasi dalam pertemanan. Sehingga bisa saja cara berpikir kita akan terpaku pada satu sudut pandang saja, tidak dari berbagai sudut pandang.

Sumber: Cnet.