Makin Asyik, Kamu Bisa Main Game Android Pakai Stick Xbox!

stick xbox
Sumber: iMore

Xbox adalah salah satu brand konsol dari Microsoft, yang menjadi salah satu pesaing dari Playstation. Dalam bermain game, konsol memang memiliki perangkat yang menarik dalam mengontrol game, yaitu joystick seperti stick Xbox yangsekarang bisa digunakan di Android.

Kita tahu bahwa selama ini, perangkat yang berhubungan dengan Xbox, memiliki kompatibilitas yang baik untuk perangkat PC. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan Xbox Controller atau stick Xbox dalam bermain game-game di PC.

Sekarang kompatibilitas tersebut tidak hanya dimiliki oleh PC saja. Kamu yang gemar bermain game-game di Android, juga bisa menggunakan stick Xbox sebagai pengontrol game.

Dilansir dari XDA Developer, Android versi terbaru, yaitu Android 9 Pie memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Android versi sebelumnya. Fitur ini adalah pengaturan untuk penggunaan stick Xbox.

Cara Menggunakan Stick Xbox di Android

stick xbox
Sumber: Adrianisen

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Pertama-tama kamu harus menyiapkan perangkat Android (smartphone atau tablet) dan Stick Xbox yang memiliki Bluetooth. Stick Xbox One S dan X terbaru, sudah memiliki fitur Bluetooth di dalamnya.

Setelah itu, kamu lakukan cara-cara di bawah ini:

  • Buka pengaturan di Android kamu dan buka menu Bluetooth. Pastikan fitur Bluetooth aktif.
  • Nyalakan Bluetooth pada stick Xbox, dengan cara tekan dan tahan tombol logo Xbox.
  • Lihat pada tombol “sync” di bagian atas kiri stick Xbox. Tekan dan tahan beberapa detik sampai lampu pada tombol logo Xbox berkedip.
  • Pada perangkat Android kamu, lakukan scan atau pindai perangkat bluetooth di sekitar. Tunggu beberapa saat sampai muncul Xbox Controller di perangkat Android kamu.
  • Setelah itu tap untuk melakukan pairing.
  • Jika berhasil, maka status perangkat di Android kamu akan menjadi paired dan lampu di logo Xbox di controller akan berhenti berkedip.

Keren Gila, Resident Evil 2 Remake Dijalankan dengan Nvidia RTX 2080!

Keren gila, Resident Evil 2 Remake dijalankan dengan Nvidia RTX 2080. Bagaimana jadinya? Cek di sini untuk melihat video gameplay lengkapnya!
Baca Juga

Performa dalam Bermain

stick xbox
Sumber: Techspot

Mungkin hal ini akan menjadi menarik untuk sebagian orang dalam memainkan game di Android. Sayangnya, terdapat beberapa hal kekurangan dalam fitur baru ini.

Contohnya seperti tidak akuratnya mapping tombol. Sehingga tombol tidak bekerja karena kesalahan mapping. Selain itu, karena sistem yang dimiliki layaknya virtual tap, menjadikan ada ketidaknyamanan dalam bermain. Seperti delay sekian milidetik.

Meskipun begitu, penggunaan joystick pada Android adalah salah satu bentuk kemajuan dalam bermain game Android. Semoga saja dengan adanya fitur ini, ke depannya bisa menjadikan industri game mobile semakin berkembang.