Waduh, Backup Whatsapp di Google Drive Tidak Terproteksi?

Grup WhatsApp
Sumber: NDTV

Baru-baru ini Whatsapp menyarankan para penggunanya untuk melakukan backup chat. Hal ini dikarenakan adanya perpindahan, kini seluruh backup Whatsapp masuk ke Google Drive.

Hal ini disampaikan langsung oleh Whatsapp melalui aplikasinya dalam bentuk notifikasi. Untuk melakukan backup saat itu juga, kamu bisa masuk ke dalam menu pengaturan-chatchat backup. Setelah itu tap tombol backup, setelah itu secara otomatis chat akan ter-backup dengan sendirinya.

Sebelumnya Whatsapp memang sudah menyediakan fitur backup chat ini, hanya saja backup akan disimpan secara cloud ke server milik Whatsapp. Sedangkan kali ini, semua backup-an akan masuk ke dalam Google Drive.

Whatsapp menyarankan untuk segera melakukan backup chat, karena migrasi yang dilakukan Whatsapp ini tidak menjamin seluruh chat yang sebelumnya pernah ter-backup tidak akan hilang.

Proteksi Backup Whatsapp

backup whatsapp

Lalu bagaimana keamanan dari backup Whatsapp chat ini? Sayangnya Whatsapp mengakui bahwa seluruh backup Whatsapp yang tersimpan di Google Drive, tidak memiliki proteksi secara end-to-end. Bisa kamu lihat pernyataan ini di dalam menu backup chat.

Hal ini bukan karena Whatsapp tidak mau melakukannya, melainkan Whatsapp hanya mengikuti peraturan dari pemerintah setempat, mengenai perlakuan pemindaian data yang dimiliki para pengguna.

Wow, Orang Menghabiskan 85 Miliar Jam untuk Bermain Whatsapp!

Seberapa sering kamu menggunakan Whatsapp dalam bersosial? Ternyata orang-orang menghabiskan 85 miliar jam untuk bermain Whatsapp!
Baca Juga

Pengguna Tidak Perlu Khawatir

backup whatsapp

Para pengguna Whatsapp tidak perlu khawatir sebab meskipun secara end-to-end atau ketika sedang dalam transfer backup data dari Whatsapp ke Google Drive tidak terproteksi, Google Drive menjamin bahwa seluruh data yang telah tersimpan di Google Drive sudah terproteksi dengan aman.

Sebab seluruh data yang ada di dalam Google Drive, terenkripsi dengan baik. Sehingga hanya penggunanya dan orang yang diizinkan saja yang bisa melihat isi dalam Google Drive tersebut.


Pada dasarnya data yang telah tersimpan dalam Google Drive atau yang masih berada di dalam Whatsapp sudah terenkripsi dengan baik.

Maksud dari backup end-to-end tidak terenkripsi adalah tidak ada proses enkripsi kembali, data-data yang sudah di-backup. Jadi secara teknisnya kamu tidak perlu panik seluruh privasimu akan terbongkar di publik.

Hanya saja memang Whatsapp seharusnya bisa memberikan alternatif dalam melakukan backup. Contohnya Whatsapp bisa memberikan fitur local backup, sehingga seluruh data chat tersimpan dalam ponsel atau memory card. Tidak hanya secara cloud saja.