Lagi, Pasar Game Indonesia Dilirik Perusahaan Besar Luar Negeri!

pasar game indonesia

Pada perhelatan C3AFA 2018 yang digelar di BSD City, terdapat sudut menarik yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Sudut yang saya tersebut hadir berkat adanya perusahaan besar dari luar negeri yang melirik ramainya pasar game Indonesia.

Sudut menarik yang muncul pada Anime Festival Asia 2018 itu adalah AFA Play, dimana terdapat banyak game menarik yang disuguhkan dan belum pernah dipublish sebelumnya. Banyaknya rangkaian game tersebut berkat sebuah perusahaan besar luar negeri, GameStart yang melihat perkembangan pasar game Indonesia yang semakin pesat.

Biasanya, pada AFA pengunjung hanya disajikan dengan hal-hal yang menyangkut soal anime, mulai dari pameran hingga konser musik. Namun, pada AFA kali ini terdapat sudut yang menyuguhkan rangkaian game menarik yang sulit ditemukan di tempat lain. Hal itu menunjukan GameStart tidak main-main memandang pasar game Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan.

Hal itupun memicu saya untuk bertanya langsung kepada pihak perwakilan GameStart. Beruntung, saya bertemu dengan Elicia Lee, Managing Director dari induk perusahaan GameStart, Eliphant. Dirinya pun mengakui pasar game Indonesia sangatlah menjanjikan.

pasar game indonesia
Elicia Lee, Managing Director Eliphant

“Kami bersama Sozo sebagai penyelenggara AFA menjalin kerjasama baru. Mereka mengatakan ingin menghadirkan sesuatu yang baru ke dalam AFA. Sehingga, pengunjung tidak hanya disajikan dengan anime dan manga, namun juga dengan game yang identik akan kedua hal tersebut,” tutur Elicia.

Menurut Elicia, terdapat sinergi menarik yang bisa dilakukan bersama AFA. “Kami melihat banyaknya sinergi yang menarik. Maka dari itu, GameStart juga sangat bersemangat untuk ikut meramaikan AFA di tahun 2018 ini,” terangnya.

Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Tidak seperti developer lainnya. Epic Games membuat Fortnite absen di Play Store, hal ini akan merugikan pengguna Xiaomi dan Android lainnya!
Baca Juga

Alasan lain kehadirannya ke Indonesia pun dijelaskan tanpa perlu saya lempar pertanyaan. Elicia mengatakan, pasar game Indonesia sangatlah besar. “Indonesia memiliki pasar yang sangat besar di gaming, maka dari itu, kami melihat langkah ini sangat tepat untuk diambil,” terangnya.

Berkat pasar game Indonesia yang besar dan jalinan kerjasama antara Sozo dan GameStart pun melahirkan AFA Play. Pada AFA Play, pengunjung akan diberikan sebuah sensasi yang menarik, yang tak mungkin untuk dilihat di tempat lain, seperti game Naruto to Boruto Shinobe Strike dan Jump Force yang baru diperkenalkan.

pasar game indonesia
AFA 2018

“Kami juga menyesuaikan game-game yang kami bawa dengan tema acara ini. Seperti contohnya, kami membawa game yang kental dengan anime, yang bisa dilihat pada area sekitar AFA Play,”  tuturnya.

Saya pun mempertanyakan waktu kerjasama yang akan dilakukan oleh GameStart dan Sozo. Terlebih, kabar mengenai AFA yang tidak akan dilanjutkan lagi di Indonesia pada tahun-tahun mendatang. Elicia pun mengaku jika pihaknya tidak yakin kerjasama akan sampai kapan.

Wow! Pokemon GO dan PUBG Mobile Masuk Nominasi Aplikasi Terbaik!

Pokemon GO dan PUBG Mobile termasuk salah satu game yang terbilang baru. Ya mungkin tidak untuk Pokemon GO. Menariknya kedua game tersebut ternyata masuk nominasi aplikasi terbaik di Google Play Awards tahun 2018.
Baca Juga

“Kami tidak yakin, kami baru memulai kerjasama dengan Sozo di tahun ini. Kami melihat sejauh ini hasilnya cukup baik. Kami berharap, kerjasama akan berlangsung dengan lama, sehingga kami bisa tetap memanjakan para gamer di Indonesia,” katanya.

Sebagai perusahaan yang berasal dari Singapura, tentu ada perbedaan dengan situasi pasar game Indonesia. “Ya saya melihat adanya perbedaan. Di Singapura, game konsol dan PC adalah yang paling laris. Kondisi tersebut berbeda dengan yang kami lihat di Indonesia,” terang Elicia.

pasar game indonesia

Kerjasama yang menghasilkan AFA play bersama Sozo ini juga diakui oleh GameStart sebagai langkahnya untuk masuk ke dalam pasar game Indonesia. “Pada kesempatan ini kami ingin mencoba hadir di pasar Indonesia,” jelasnya.

Besarnya pasar game Indonesia memang membuat GameStart tertarik untuk masuk ke dalamnya. Namun, Elicia mengaku jika pihaknya tidak ingin terburu-buru. “Masih banyak hal yang harus disesuaikan, namun yang pasti pasar Indonesia sangatlah besar dan menjanjikan,” tuturnya.

Begini Cara Main Minotaur Mobile Legends yang Baik dan Benar! Bikin Gempa Terus!

Seringkali saya melihat adanya para player yang kesulitan dalam mencari cara main Minotaur Mobile Legends yang tepat. Saya pun menciptakan sebuah tips.
Baca Juga

GameStart hadir ke Indonesia pun bukan hanya dengan menghadirkan AFA Play. Pihaknya turut memperkenalkan game bawaannya, yakni GameStart Pixel Battle. Game tersebut akan mengajak kamu untuk bertarung sebagai mascot dari GameStart, Alicia.

Elicia mengaku, GameStart Pixel Battle bisa dinikmati secara gratis di Google Play Store. Hebatnya, game tersebut bukan hanya iming-iming gratis dengan in-app purchase, tapi gratis secara penuh. Kamu yang tertarik mengunduhnya, silahkan mengklik link ini.

pasar game indonesia

Wah, kehadiran GameStart semoga saja bisa menjadi angin segar untuk pertumbuhan developer kita. Indonesia makin menjanjikan nih untuk go internasional.

AFA 2018 merupakan AFA terakhir yang akan digelar di Indonesia. Untuk mengetahui alasan dibaliknya, kamu bisa baca selengkapnya di sini.