Esport Tidak Akan Masuk Kategori dalam Olympic Games, Kok Bisa?

olympic games

Ketika esport sedang ramai dibicarakan, terlebih ketika esport masuk kategori dalam Asian Games 2018 kemarin, ternyata esport tidak akan masuk dalam kategori yang dilombakan dalam Olympic Games. Lho kenapa?

Thomas Bach, President of the International Olympic Committee (IOC) mengatakan terdapat beberapa alasan mengapa esport tidak masuk dalam kategori olahraga di Olympic Games. Salah satu alasannya adalah adanya unsur kekerasan di dalamnya.

Bach menambahkan kebanyakan dari esport menunjukkan secara eksplisit, kekerasan yang sangat tidak cocok untuk ditampilkan dalam olahraga. IOC tidak ingin adanya unsur kekerasan di dalam kompetisi, meskipun hal tersebut berbentuk fantasi.

Meskipun begitu, mungkin untuk game esport yang berjenis balapan, masih bisa ditoleransi untuk bisa masuk Olympic Games. Hal ini berdasarkan apa yang disebutkan pula oleh Bach mengenai jika game tersebut mengandung unsur kekerasan maka IOC tanpa kompromi langsung menolak game tersebut.

olympic games
Adanya Unsur Kekerasan Menjadi Alasan Esport Tidak Masuk dalam Olympic Games Sumber: UsamaTech – Startup and Technology News

Bach juga mengakui bahwa penentuan kategori kekerasan itu sendiri bisa saja bersifat “abu-abu”. Hanya saja, jika game tersebut memiliki unsur darah di dalamnya, sudah dipastikan bahwa game tersebut termasuk kategori game yang memiliki unsur kekerasan di dalamnya.

 

Besar kemungkinan bahwa banyak pihak yang ingin menjadikan esport sebagai salah satu kategori dalam olahraga. Terlebih banyaknya audiens yang sangat menggemari esport, menjadikan esport memiliki peluang yang besar untuk bisa masuk dalam cabang olahraga di pertandingan olahraga dunia.

Kok Tidak Ada Game Battle Royale di Asian Games 2018? Ini Alasannya!

Asian Games 2018 kali ini sangat menarik karena adanya cabang esport di dalamnya. Sayangnya game Battle Royale tidak masuk di kategori esport. Mengapa?
Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri juga, adanya berbagai unsur yang terdapat dalam game, bertentangan dengan syarat agar bisa masuk dalam kategori olahraga. Bahkan di dalam Asian Games 2018, game berjenis battle royale tidak masuk dalam esport.

Sebelumnya Asian Games 2018 juga memasukan esport sebagai salah satu cabang olahraga. Meskipun memang, cabang olahraga esport masih menjadi percobaan, terlihat dari hanya beberapa jenis game saja yang masuk dalam cabor Asian Games 2018, seperti game-game yang berjenis strategis.