Ga Sembarang Murah, Chipset MediaTek Emban Kemampuan Face Unlocking Setingkat Apple?

chipset mediatek
sumber: Gumtree

Fitur Face Unlocking saat ini tidak hanya menjadi concern bagi vendor “mahal”, terutama dari segi keamanan. Chipset MediaTek yang sering dianggap kelas bawah oleh beberapa pihak pun berhasil menciptakan teknologi Face Unlocking dengan harga bersahabat, namun diakui memiliki keamanan setingkat Face ID milik Apple.

Hampir semua pihak mengakui jika teknologi Face ID milik Apple memiliki tingkat kemanan yang paling bisa dipercaya. Namun, untuk menikmati teknologi tersebut tentu ada harga mahal yang harus dibayar. chipset MediaTek pun diakui memiliki solusi serupa dengan harga yang lebih bersahabat.

Fitur “Face ID” pada perangkat Android yang memanfaatkan teknologi serupa 3D Structured-Light baru segelintir saja. Bahkan, hanya Mi 8 dan Oppo Find X yang saat ini bisa dirasakan secara langsung, karena memang pihaknya menggunakan sensor Structured-Light 3D untuk sistem pengenal wajah.

Permasalahan itu pun dilihat oleh MediaTek sebagai sebuah kesempatan emas bagi dirinya untuk menghadirkan chipset MediaTek yang menjadi jawaban terbaik bagi perangkat ramah kantong. Dengan demikian, perangkat murah meriah nantinya juga bisa punya fitur pengenal wajah yang tingkat keamanannya serupa dengan Face ID.

Solusi yang dimiliki oleh MediaTek tersebut adalah Active Stereo. Solusi itu pun bahkan diakui telah kompatibel dengan Helio P60 dan Helio P22, yang saat ini telah tersemat di beberapa perangkat yang ada di pasaran.

Harus Memenuhi Beberapa Persyaratan

chipset mediatek
sumber: NDTV

Walaupun telah ada chipset MediaTek yang telah mendukung teknologi Active Stereo, namun terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Persayaratan tersebut bertujuan untuk menyempurnakan solusi yang dibicarakan oleh MediaTek.

Persyaratan pertama adalah bagian depan perangkat harus turut dilengkapi dengan proyektor inframerah. Setelah itu, perangkat juga wajib memiliki dua set lensa inframerah, dan juga algoritma pengenalan wajah dengan dukungan sebuah piranti lunak.

Tepatkah Beli Smartphone RAM 6 GB dari ASUS Seharga 3 Jutaan?

Sudah tiga minggu lamanya saya menggunakan Smartphone RAM 6 GB seharga 3 jutaan. Bagaimana kemampuannya? Selain RAM, apa saja yang menarik?
Baca Juga

Dengan dipenuhinya persyaratan tersebut, maka Active Stereo dapat dimanfaatkan sebagai langkah perangkat dalam memindai wajah pengguna. Tingkat keamanannya pun diakui serupa dengan Face ID milik Apple.

Sayangnya, tidak diketahui bagaimana cara perbandingan yang dilakukan oleh MediaTek hingga berani mengakui solusinya tersebut serupa tingkat keamanannya dengan Face ID. Rasio hasil akhirnya pun tidak ditampilkan, sehingga hal ini masih menjadi tanda tanya yang besar.

chipset mediatek
Kenapa retina recognition ga diperhitungkan sebagia pengganti face unlock? (sumber: Deccan Chronicle)

Semoga saja, apa yang dikatakan oleh MediaTek dapat dibuktikan dalam waktu dekat. Dengan demikian, chipset MediaTek bisa menjadi senjata kuat bagi perangkat yang harganya ramah kantong.