Tanpa Masuk Play Store, Fortnite Mencapai 15 Juta Unduhan!

fortnite battle royale

Tidak seperti developer lainnya, Epic Games membuat game andalan mereka, Fortnite rilis tanpa masuk Play Store, padahal mereka telah merilis Fortnite untuk Android!

Epic Games lebih memilih untuk menyediakan akses download game Fortnite mereka melalui situs resmi mereka.

Meskipun begitu, ternyata Fortnite berhasil mencapai sebuah hal yang mungkin belum tentu bisa diraih oleh para pesaingnya. Fortnite berhasil mencapai 15 juta unduhan tanpa masuk Play Store.

Masuk dalam platform Play Store mungkin sudah menjadi kewajiban yang mutlak bagi para pengembang game-game Android. Sebab, Play Store adalah platform utama untuk para pengguna Android, dalam menginstal berbagai aplikasi.

Menariknya, Fortnite justru tidak terlalu terpengaruh dengan hal demikian. Tanpa Masuk Play Store, Fortnite berhasil mencapai angka unduhan yang cukup fantastis, yaitu 15 juta unduhan.

masuk play store
Sumber: Chicago Tribune

Dilansir langsung dari blog Epic Games, pada 21 hari pertama sejak perilisan versi Beta, Fortnite Android mencapai hingga 23 juta pengguna yang memainkan Fortnite dan untuk jumlah unduhan mencapai hingga 15 juta unduhan. Angka tersebut dirilis oleh Epic Games pada tanggal 6 September 2018.

Untuk angka pengguna lebih banyak, hal tersebut disebabkan adanya dua akun untuk satu pengguna atau satu smartphone. Itulah sebabnya mengapa angka pengguna lebih banyak dibandingkan angka unduhan.

Sebab Fortnite Tidak Masuk Play Storemasuk play store

Apa sih penyebab Epic Games tidak mau memasukan Fortnite mereka ke Play Store? Ternyata alasannya sungguh klasik, yaitu Epic Games tidak mau bagi hasil dengan Google sebesar 30% dari pendapatan, jika ingin memasukan game mereka ke Play Store.

Play Store memang menerapkan sistem bisnis bagi hasil, buat para pengembang aplikasi atau game, jika ingin memasukan aplikasi atau game mereka ke dalam Play Store. Angka tersebut mungkin dianggap berat untuk Epic Games atau tidak melampaui angka margin mereka.


Padahal jika Fortnite bersedia masuk Play Store, mungkin akan membuat jumlah unduhan lebih banyak lagi dibanding sekarang. Selain memang membuat Fortnite lebih banyak yang mengunduh, hal ini juga memberikan keamanan untuk para penggunanya.

Para pengguna akan memiliki kemungkinan kerugian jaminan keamanan perangkat serta otomasi aplikasi. Maksudnya adalah para pengguna harus melakukan update secara manual, jika nantinya terdapat update pada game Fortnite.

Fortnite Absen di Play Store, Ternyata Merugikan Pengguna Xiaomi dan Google!

Tidak seperti developer lainnya. Epic Games membuat Fortnite absen di Play Store, hal ini akan merugikan pengguna Xiaomi dan Android lainnya!
Baca Juga

Padahal jika melalui Play Store, para pengguna tidak perlu mengunduh file apk lagi hanya untuk melakukan update dan membuat memori penyimpanan penuh. Tidak terlepas juga hal ini akan membuat keamanan perangkat para pengguna menjadi terancam.

Siapa yang tahu, hal ini akan dimanfaatkan para hacker untuk melaksanakan aksinya, dengan cara membelokkan para pengguna ke situs palsu untuk mengunduh apk palsu.