Awas, Facebook Kini Bisa Memindai Meme yang “Offensive”!

fitur baru facebook
Sumber: Cnet

Senang mengirim meme di Facebook? Atau bahkan kamu adalah salah satu admin dari fanpage shitposting yang sering mengirim berbagai meme? Hati-hati, sebab Facebook kini bisa memindai meme yang bersifat menyerang atau offensive.

Facebook memang seringkali membuat inovasi untuk menyaring segala konten yang dianggap tidak disukai oleh beberapa orang atau bahkan kelompok. Terlebih seringkali Facebook disalahgunakan menjadi media penyebar kebencian.

Lebih mengerikannya lagi, hal tersebut digunakan tidak hanya untuk sekedar iseng, melainkan ada maksud jahat di belakangnya. Belajar dari pengalaman tersebut, Facebook akhirnya membuat sebuah inovasi, yaitu pengembangan AI (artificial intellegence) yang dapat memindai berbagai meme yang bersifat menyerang.

Penggunaan AI sebagai “bala bantuan” untuk menjaga adanya gambar yang tidak baik bukanlah sesuatu yang asing. Berbagai platform media sosial sudah menggunakannya, seperti Twitter bahkan Youtube.

memindai meme
sumber: marketingland

Hanya saja untuk kasus Facebook ini, mereka mengembangkan AI untuk juga bisa memindai meme comic, baik berbentuk gambar maupun video, yang memang cenderung offensive.

Dilansir dari blog developer Facebook, mereka mengembangkan AI dengan nama Rosetta, di mana tugas Rosetta adalah memindai dan mempelajari sebuah gambar dan video yang memiliki berbagai tulisan.

Dengan adanya sistem pada AI ini, akan membantu Facebook untuk bisa menyaring berbagai foto dan video, yang sering disebarkan melalui Facebook maupun Instagram.

Fitur Baru Facebook, Mempertemukanmu dengan Seorang yang Sehati?

Jika kamu sedang mencari jodoh dan ingin jodohnya yang selalu "sehati", kamu bisa mencoba fitur baru Facebook ini yang bernama "Things in Common".
Baca Juga

Sebelumnya teknologi pada AI, tidak bisa memindai makna dari sebuah tulisan pada sebuah gambar. AI dari Facebook memang bisa memindai karakter tulisan pada sebuah gambar atau video. Hanya saja, AI tersebut tidak mengerti apa makna dari tulisan yang ada pada gambar.

Padahal tulisan tersebut, bisa saja memiliki makna satir atau bahkan cenderung menyebarkan kebencian pada satu kelompok. Inilah yang sangat dihindari oleh Facebook.


Tim Tekno sendiri sudah sangat menghindari penggunaan karakter atau tulisan pada sebuah gambar yang disematkan pada setiap artikel.

Hal tersebut, bertujuan untuk menjadikan tim Tekno jauh dari keberpihakan pada satu kelompok dan berusaha untuk selalu memberikan informasi yang netral, tanpa harus menyakiti salah satu kelompok maupun pihak.

Tim Teknosaurus akan selalu memberikan informasi yang aktual, terpercaya, dan edukatif.