Waduh, Beberapa Game di Nintendo Switch Tidak Support “Cloud-Save”

cloud-save

Berkembangnya teknologi, menjadikan teknologi game juga berkembang. Dari yang awalnya melakukan save game dengan cara memasukan password hingga cloud-save.

Cloud-save sepertinya adalah cara yang paling banyak digunakan di zaman sekarang. Mengingat teknologi internet yang terus berkembang, menjadikan segala fasilitas yang bisa diberikan di internet, dapat diaplikasikan di dalam game.

Sayangnya, untuk pengguna Nintendo Switch harus sedikit kecewa, karena terdapat beberapa game yang tidak support atas cloud-save ini.

Kok bisa? Kasus ini berawal dari munculnya peringatan dari Nintendo. Kamu bisa cek di salah satu halaman game Pokemon Let’s Go: Pikachu. Pada halaman tersebut, tertulis sebuah peringatan yang mengatakan bahwa game ini (Pokemon Let’s Go: Pikachu), tidak mendukung cloud-save backup.

cloud-save
Pokemon Let’s Go: Pikachu, salah satu game andalan Nintendo yang justru tidak memiliki fitur cloud-save

Tidak hanya itu, dilansir dari Kotaku, beberapa game di Nintendo Switch seperti Splatoon 2, Dark Souls: Remastered, Fifa 19 dan lain sebagainya juga memiliki peringatan yang sama, yaitu tidak mendukung cloud-save.

Tidak ada keterangan resmi dari Nintendo secara langsung, hanya saja dilansir pula dari Kotaku, Nintendo mengatakan bahwa tidak didukungnya save game secara cloud, dengan alasan untuk menghindari adanya cheat.

Tepatkah Beli Nintendo Switch Saat Game Smartphone Makin Asik?

Beli Nintendo Switch adalah impian yang baru saja muncul beberapa minggu belakangan ini di kepala saya. Apakah langkah tersebut tepat?
Baca Juga

Nintendo meyakini mayoritas dari game di Nintendo Switch memiliki dukungan untuk cloud-save. Meskipun begitu, terdapat beberapa game yang sengaja tidak diberikan fitur save game secara cloud.

Beberapa game yang memiliki fitur ini, biasanya game-game yang bisa dijual kembali atau misal untuk mengembalikan tampilan high-score yang kereset.

cloud-save

Nintendo beralasan seperti pada game Splatoon 2, dikarenakan skor dapat diunggah dan ditampilkan secara global, maka fitur save game secara cloud atau online akan dihilangkan. Jika seseorang menggunakan cheat, maka skor yang tertera akan menjadi kacau.


Padahal dengan adanya save game secara cloud ini akan memudahkan para gamer untuk melakukan save game. Alasan menghindari adanya cheat sepertinya kurang masuk akal, sebab Nintendo bisa saja memasang anti-cheat di dalam server mereka.

Apakah tidak was-was para gamer Switch, andaikan telah menghabiskan waktu hidupnya untuk menyelesaikan “ratusan” achievement di game Splatoon 2 dan ternyata memory card- nya rusak, apa lo tega?