Sudah gak Butuh Harddisk, Windows 10 akan Menggunakan Cloud

windows 10

Bagi kamu pengguna Windows 10 yang masih pusing masalah harddisk, kali ini bisa bernafas lega. Sebab pada update yang akan dirilis di bulan Oktober nanti, menjadikan Windows 10 lebih pintar dalam mengatur kapasitas harddisk.

Sistem operasi Windows memang terkenal sangat boros harddisk. Sebenarnya hal ini dikarenakan ada dari beberapa faktor dari sistem Windows. Salah satunya adalah banyaknya cache yang tersimpan di partisi sistem. Selain itu, Windows juga kerapkali membuat partisi baru untuk menyimpan tools ketika Windows tidak bisa melakukan boot.

Ketika akan dirilis update nanti, Windows akan menjadikan manajemen kapasitas harddisk lebih smart. Pada update sebelumnya, Windows memang sudah membuat sistem penyimpanan cloud dari Microsoft, Onedrive memiliki sistem seamless.

Sistem seamless ini menjadikan kamu tidak perlu menyimpan file terlebih dahulu di harddisk. Jadi jika kamu ingin membuka file tersebut, maka sistem akan melakukan unduhan terlebih dahulu secara temporary.

windows 10
Onedrive adalah salah satu produk cloud computing dari Microsoft

Meskipun begitu, kamu bisa membuat file-file tersebut bisa dibuka secara offline atau terputus dari koneksi internet. Jika kamu ingin menghapus file tersebut, kamu tidak perlu khawatir, sebab file yang ada di onedrive tetap tersedia. Kecuali jika memang kamu menghapus langsung file di cloud tersebut.

Nah, update terbaru yang akan dirilis bulan Oktober ini, akan menjadikan Windows 10 lebih pintar dalam melakukan manajemen file tersebut. Sistem Windows akan mencoba mengenali, file-file mana yang memang dibutuhkan untuk disimpan secara offline dan mana yang tidak perlu dan cukup disimpan secara online.

Setelah itu, sistem akan segera menghapus file-file yang jarang terpakai, dan melakukan backup secara otomatis file-file tersebut ke server onedrive.

Ini Aplikasi Windows 95 untuk Kamu yang Ingin “Nostalgila”

Mungkin kamu pernah merasakan sistem operasi Windows 95. Sekarang kamu juga bisa menggunakan aplikasi Windows 95 untuk kamu yang ingin nostalgia.
Baca Juga

Sehingga, selain kamu akan merasa aman dan nyaman dengan file yang tidak akan hilang serta kapasitas harddisk lega, kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengatur lagi secara manual, file mana saja yang memang sangat dibutuhkan dan mana yang tidak begitu diperlukan saat itu.


Teknologi penyimpanan secara cloud ini, memang sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Sebab dengan adanya teknologi cloud ini, membuat para pengguna PC memiliki waktu yang lebih efisien dan tidak perlu lagi memikirkan bagaimana untuk mengatur backup file-file penting yang ada di harddisk.

Sumber: Arstechnica.