Bukan HOAX, Ini Tanggal Aplikasi Path Tutup!

tanggal aplikasi path tutup

Beberapa hari lalu kita dihebohkan dengan kabar akan ditutupnya layanan dari Path. Saat itu, kabar tersebut masih belum dapat saya percaya seratus persen. Namun, kini kita semua bisa mengetahui tanggal aplikasi Path tutup.

Pada akun resmi Path di Twitter, @path, aplikasi yang khas dengan warna merah tersebut mengkonfirmasikan kabar mengenai ditutupnya layanan mereka. Pada cuitannya itu pun disebutkan pula tanggal aplikasi Path tutup, yakni pada 18 Oktober 2018.

Pada cuitannya tersebut, tidak hanya tanggal aplikasi Path tutup yang diumumkan. Pihaknya turut mengucapkan rasa penyesalan dengan tidak melanjuti layanannya. Dengan demikian, pengguna tidak bisa lagi mengakses akun Path mereka.

Path juga turut mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengguna yang setia menggunakan layanan mereka. Ucapan terima kasih juga tidak lupa mereka sampaikan kepada tim yang telah bekerja di dalamnya.

Di dalam cuitannya itu, selain tanggal aplikasi Path tutup, pihaknya juga menyematkan sebuah link. Ketika mengunjungi link tersebut, maka pengguna akan disuguhkan dengan sebuah informasi yang diawali dengan judul “The Last Goodbye”. Sedih.

Path menceritakan, sejak layanannya dibuka pada tahun 2010, perjalanan mereka telah diisi oleh suka dan duka bersama penggunanya, sekaligus mendapatkan pelajaran yang penting. Sejak saat itu juga pihaknya mencoba untuk menetapkan misi mereka.

Muncul Kabar Sedih, Layanan Aplikasi Path Tutup?

Kembali muncul kabar duka, berdasarkan sebuah kabar yang tersebar di dunia maya, layanan aplikasi Path tutup dalam waktu dekat
Baca Juga

“melalui teknologi dan desain kami bertujuan untuk mnejadi sumber kebahagiaan, makna, dan koneksi ke pengguna kami,” tulis Path pada halaman yang disebarkannya bersamaan dengan tanggal aplikasi Path tutup.

Di halaman yang sama, Path tidak lupa mengatakan, “ini merupakan perjalanan yang panjang dan kami dengan tulus berterima kasih kepada Anda semua (pengguna) atas tahun-tahun yang penuh cinta dan dukungan kepada Path.”

Tanggal aplikasi Path tutup yang diumumkan, 18 Oktober 2018, merupakan salah satu dari rangkaian tahap penutupan layanannya. Berikut waktu yang menjadi tahapan ditutupnya layanan yang berusia 8 tahun tersebut.

aplikasi path tutup

Pada tanggal 17 September 2018, Path mengumumkan jika layanannya tidak akan dilanjuti. Di tanggal 1 Oktober 2018, pengguna tidak bisa lagi mengunduh atau melakukan update aplikasi Path melalui iTunes ataupun Google Play.

Tanggal 18 Oktober 2018 menjadi waktu dimana pengguna tidak bisa lagi mengakses Path. Dan, di tanggal 15 November 2018 segala layanan yang berhubungan dengan pengguna Path akan ditutup.


Path merupakan aplikasi yang bisa dibilang sangat bijak. Pasalnya, Path menjadi salah satu dari segelintir aplikasi yang tidak sungkan untuk mengucapkan selamat tinggal, tidak hanya kepada mereka yang masih menggunakan, namun juga mereka yang mungkin telah meninggalkan aplikasi tersebut sejak lama.

Terima kasih Path, kalian sempat menjadi aplikasi yang lebih saya percaya dibandingkan Facebook dan Twitter.