Bingung Cari Judul? Tinggal Nyanyikan Lagunya di Google Search

google search
Sumber: hoangha mobile

Ketika sedang mendengarkan lagu, terkadang kita penasaran dengan judul lagunya. Biasanya kita berusaha keras mengingat lirik untuk dicari di Google Search. Sayangnya kita lupa liriknya, padahal lagu tersebut adalah lagu yang cocok dengan selera kita.

Tenang saja, di masa depan kita tidak perlu lagi bingung untuk mencari judul-judul lagu yang kebetulan kita suka di jalan, tapi kita lupa apa bagaimana lirik lagu tersebut.

Google sedang mengembangkan sebuah pencarian lagu berdasarkan alunan musik atau nada lagu. Sebenarnya Google sudah menyediakan fitur ini terutama di smartphone besutan mereka Google Pixel 2. Sayangnya pencarian lagu dengan cara ini memiliki keterbatasan.

Selain database yang sedikit mengenai judul-judul lagu, pencarian lagu berdasarkan alunan musik hanya bisa aktif ketika smartphone didengarkan lagu yang sebenarnya. Fitur ini juga berlaku dengan mesin pencari lagu lainnya.

Dilansir dari Engadget, Google Search akan menyematkan AI (Artificial Intellegence) dalam Google Search mereka untuk mencari lagu. Sistem ini akan mencoba memindai lagu yang didengarkan setelah itu, sistem akan mencari algoritma yang sama persis dengan lagu tersebut.

Pencarian lagu dari Google ini diberi nama dengan Sound Search. Keunggulan dari Sound Search selain menggunakan AI juga memiliki database yang besar atas seluruh judul lagu yang ada di seluruh dunia.

Google Dataset, Kamu Tidak Perlu Pusing Lagi Mencari Data

Google baru-baru ini merilis produk barunya, yaitu Google Dataset. Sebuah mesin pencari dari Google, khusus untuk mencari berbagai data-data.
Baca Juga

Dengan begitu, keakuratan dan kecepatan pencarian lagu akan meningkat. Kamu akan lebih mudah dalam mencari lagu. Meskipun begitu, fitur ini masih dalam pengembangan Google dan terus akan berkembang.

Sebenarnya penulis berharap lebih terhadap fitur ini. Penulis berharap, tanpa harus menunggu mendengarkan lagu aslinya, kita tetap bisa mencari.

Seperti yang ada di video yang sempat viral di media sosial. Seorang murid SMA mencoba fitur “Ok Google” untuk mencari judul lagu, dengan cara menyanyikan salah satu lagu Nissa Sabyan.


Meskipun video tersebut terlihat seperti bercanda, tapi mungkin di masa depan hal tersebut memang bisa menjadi kenyataan. Ya semoga saja dengan majunya teknologi, hal tersebut memang akan menjadi kenyataan.