Jangan Bikin Nganggur, Fitur Firefox Nightly Jadikan GPU Kamu Bekerja

fitur firefox nightly

Pernah merasakan PC lemot ketika membuka beberapa situs yang menampilkan tampilan visual yang berat? Hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika kamu menggunakan fitur Firefox Nightly.

Sebelumnya kamu pasti menyadari sering terjadi penurunan performa ketika membuka beberapa situs dengan sebuah browser. Terutama situs-situs yang membutuhkan render grafis yang tinggi, seperti game 3D di platform Web.

Kamu juga mungkin mengalami hal ini, padahal spesifikasi PC kamu sudah menyentuh kelas high-end. Hal ini dikarenakan seluruh render dibebankan kepada prosesor CPU dibanding kepada GPU. Sehingga membuat PC performanya jatuh secara tiba-tiba.

Mozilla pengembang dari browser Firefox, mencoba untuk memberikan solusi mengenai masalah ini, dengan mengembangkan Firefox Nightly yang dikembangkan oleh Jeff Muizelaar, salah satu personil dari Mozilla.fitur firefox nightly

Fitur Firefox Nightly menjadikan adanya fitur webrender. Yaitu secara otomatis membuat sistem PC menggunakan GPU ketika melakukan rendering sebuah situs. Fitur ini telah dicoba di Windows 10 dan menggunakan GPU Nvidia Geforce. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mengatur setelan menggunakan hardware lainnya, seperti AMD Radeon.

Sayangnya untuk sistem lainnya seperti Android, belum pernah diuji coba. Hanya saja pihak Mozilla menjanjikan akan menyediakan pula fitur Firefox Nightly ini untuk sistem operasi Android.

Belum Mati, Update Mozilla Firefox Hadirkan Banyak Fitur Menarik!

Nama Mozilla Firefox cukup asing belakangan ini. Namun, sekarang ada update Mozilla Firefox menghadirkan banyak fitur menarik
Baca Juga

Webrender sebenarnya adalah sebuah proyek jangka panjang dari Mozilla yang telah lama direncanakan. Fitur ini, memang dikembangkan untuk menjadi fitur utama dari Firefox dan telah dilakukan percobaan dari bulan-bulan lalu.

Para pengguna sukarelawan yang ikut melakukan percobaan Firefox Nightly ini juga telah melaporkan adanya peningkatan performa ketika melakukan surfing. Kamu bisa melihat hasil dari percobaan di video di bawah ini.

Sumber video: Techspot

Fitur Firefox Nightly ini harusnya bisa menjadi bagian dari masa depan untuk gaming. Jika selama ini web-gaming hanya terbatas game-game ringan, dengan fitur Firefox Nightly akan membuat fasilitas yang ada di game AAA bisa di bawa ke web-game.


Bisa saja nanti kamu bisa memainkan game sejenis Battlefield V, Spiderman 4 atau bahkan Cyberpunk 2077 di browser, karena browser sudah mendukung render menggunakan GPU. Siapa yang tahu?