Australia Mulai Serius, Menganggap Gacha adalah Judi!

3 Mitos Mengenai Gacha

Gacha adalah sebutan untuk satu konten dalam game berjenis F2P (Free to Play) atau IAP (In-App Purchase), di mana konten tersebut biasanya berbentuk lootbox yang bisa didapatkan dengan cara membeli. Biasanya isi dari gacha akan acak, itulah yang menjadikan ada anggapan gacha adalah judi!

Ternyata Australia juga mulai serius dengan fenomena gacha ini. Seorang peneliti dan juga psikiater dari Australia dipanggil oleh pemerintahan Australia untuk mendiskusikan mengenai regulasi gacha yang ada di game.

Game dengan sistem gacha memang sudah lama menjadi kontroversi di masyarakat. Banyak kasus di masyarakat di mana mereka rela menghabiskan banyak uang, hanya untuk mendapatkan konten yang hanya bisa didapatkan dengan cara gacha, menjadikan banyaknya anggapan bahwa gacha adalah judi

Pemerintahan Australia ingin membentuk sebuah regulasi mengenai gacha ini, dikarenakan perlu adanya pertanggung jawaban jika ada sebuah “kecelakaan” yang terjadi terhadap gacha. Salah satu contohnya penggunaan kartu kredit oleh anak untukĀ gacha, yang tidak diketahui oleh orang tuanya.gacha adalah judi

Meskipun begitu, pertemuan pembentukan regulasi gacha yang mengumpulkan banyak profesional serta ahli ini, lebih fokus kepada elemen gacha yang menyebabkan kecanduan dalam bermain, tentu saja dengan dasar anggapan bahwa gacha adalah judi.

Hanya saja beberapa pihak dalam pertemuan ini ada yang menganggap bahwa gacha adalah judi. Anggapan tersebut berdasarkan bahwa praktek judi mengharapkan hadiah uang. Sedangkan untuk gacha para pembeli tidak mengharapkan uang, melainkan sebuah barang.

Inikah Daftar Merek Smartphone Terlaris di Indonesia Tahun 2018?

IDC membuat daftar merek smartphone terlaris di Indonesia tahun 2018. Ada yang meningkat, dan ada juga yang menurun market share-nya.
Baca Juga

Belum ada kesimpulan jelas mengenai regulasi yang akan diusung mengenai gacha ini. Hanya saja ada berbagai rekomendasi yang muncul.

Salah satu contohnya adalah memberikan larangan umur oleh para developer. Sehingga jika terdapat pemain yang di bawah umur, maka pemain tersebut tidak bisa mengakses fitur gacha yang ada di game.

Pada intinya pertemuan ini memang mencari regulasi yang cocok, untuk menciptakan keseimbangan dalam industri. Jangan sampai potensi pasar dan inovasi malah jadi terbelenggu karena kurangnya atau bahkan terlalu ketatnya regulasi gacha dalam industri kreatif.

gacha adalah judi


Melihat seriusnya Australia, mungkin Indonesia juga perlu serius untuk membentuk sebuah regulasi atau peraturan mengenai gacha ini. Mengingat Indonesia adalah salah satu pasar yang sangat menarik untuk game berjenis gacha.

Semoga saja pemerintah kita mulai memperhatikan sisi ini di industri kreatif.

Sumber: The Guardian.