Kembali Muncul Manfaat VR, Kini Anak-anak Tidak Takut Disuntik!

manfaat vr

Sebuah teknologi lahir tentu haruslah menimbulkan sebuah manfaat, salah satu contohnya adalah Virtual Reality (VR). Rupanya, manfaat VR sudah bisa dirasakan oleh orang tua sekaligus dokter anak saat ini, karena membuat anak-anak tak lagi taku disuntik.

Sebuah video yang berdurasi 1 menit 25 detik yang tersebar di dunia maya menerangkan, manfaat VR yang baru-baru ini ditemukan oleh dokter di Brazil adalah menurunkan ketakutan anak-anak saat harus di vaksin. Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook Machinima.

Pada video tersebut dijelaskan, manfaat VR bisa membuat anak-anak tidak takut lagi akan jarum suntik. Hal itu disebabkan oleh perpaduan yang tepat antara kejadian yang ada di dalam VR yang disaksikan anak-anak melalui headset VR, dengan langkah-langkah kedokteran dalam memberikan vaksinasi.

Dalam video yang berjudul “how VR is taking the fear out of getting shots” tersebut, narator menjelaskan problema yang dihadapi para orang tua sekaligus dokter saat harus memberikan suntikan vaksin. Namun, manfaat VR membuat anak-anak tersebut tidak lagi ketakutan.

How VR is taking the fear out of getting shots

How VR is taking the fear out of kids getting their shots 😯(Sound on 🔊)

Posted by Machinima on Wednesday, September 19, 2018

Video VR yang disuguhkan kepada anak-anak tersebut menceritakan dunia peri yang tengah menghadapi bahaya. Karakter di dalamnya meminta bantuan kepada anak-anak untuk mengenakan dua buah batu, yang mampu menghalau bencana dari monster besar.

Tahap pertama dalam pemberian suntikan vaksinasi, yakni mengoleskan alkohol pada titik tertentu, di dalam video diganti dengan pemasangan Ice Fruit. Sensasi dingin akan dirasakan oleh anak, serupa dengan efek dari cairan alkohol yang mengenai kulit mereka.

Samsung Hadirkan Headset VR Tanpa Kabel! Pakai Teknologi Apa?

Samsung tidak hanya getol dalam menghadirkan smartphone, karena pihaknya saat ini ketahuan telah siapkan Headset VR tanpa kabel. Teknologi apa yang dipakai?
Baca Juga

Sementara itu, efek jarum suntik yang menembus kulit anak-anak akan digantikan dengan pemasangan batu api di dalam video VR tersebut. Manfaat VR itu membuat anak-anak tak merasakan takut, atau bahkan merintih kesakitan.

Pada video tersebut juga dijelaskan, video VR yang disaksikan oleh anak-anak akan mensimulasikan otak untuk merasakan hal yang serupa namun berbeda. Contohnya saja, pada Fire Fruit, anak-anak akan digambarkan hanya merasa panas. Tidak lagi “digigit semut” seperti apa yang sering kita dengar dahulu.

manfaat vr

Selesai dengan pemasangan dua batu tersebut, anak-anak akan mendapatkan ucapan terima kasih dari karakter di dalam video VR, karena telah menyelamatkan dunia mereka dari serangan monster besar.

Manfaat VR seperti inilah yang dibutuhkan oleh banyak orang. Semoga saja, hal serupa dapat hadir di Indonesia, sehingga anak-anak tak lagi takut saat harus di vaksin. Kalau orang tuanya, mungkin bisa diberikan penyuluhan terlebih dahulu tentang apa itu vaksin dan manfaatnya.