Review Xiaomi Redmi 6, Masih Pilihan Terbaik di Kelasnya!

review xiaomi redmi 6

Belum genap satu tahun, tapi Xiaomi telah menghadirkan pilihan baru smartphone murah meriahnya dari lini Redmi, yakni Redmi 6. Saya pun beruntung diberi kesempatan untuk melakukan review Xiaomi Redmi 6, yang nampaknya masih menjadi pilihan terbaik di kelasnya.

Review Xiaomi Redmi 6 ini bertujuan untuk mencari tahu pantas atau tidaknya perangkat terbaru dari Xiaomi tersebut dibeli. Walau menjadi smartphone yang melanjuti kesuksesan lini Redmi, banyak yang menilai jika seri sebelumnya masih lebih baik.

Rasa penasaran saya itu pun menjadi alasan untuk melakukan review Xiaomi Redmi 6 ini. Saya tak ingin sekedar mendengar ucapan mereka yang masih sangat mencintai Redmi 5. Karena cinta tak lahir dari sekedar ucapan, namun juga dari kebersamaan yang dihabiskan bersama.

Dalam review Xiaomi Redmi 6 ini, saya menemukan beberapa kemampuan yang nampaknya menjadi nilai jual dari perangkat tersebut. Penggunaan chipset dari pabrikan yang berbeda dari apa yang bisa ditemui pada Xiaomi Redmi 5 membuat rasa penasaran saya makin menjadi-jadi.

Berikut hasil review Xiaomi Redmi 6 yang telah saya lakukan:

Desain

review xiaomi redmi 6

Sebelum jauh-jauh membahas performa ataupun kamera, langkah pertama saya dalam melakukan review Xiaomi Redmi 6 adalah menelusuri sekujur tubuh perangkat tersebut. Mengetahui perubahan desain adalah poin pertama yang wajib kita lakukan.

Xiaomi Redmi 6 hadir sebagai smartphone yang memiliki bentang layar 5,45 inci. Xiaomi pun masih menerapkan rasio 18:9, seperti apa yang telah dilakukannya terhadap Redmi 5. Dengan demikian, trend dari full screen display masih diterapkan oleh Xiaomi.

Review Xiaomi Redmi 5, Memang Pantas Jadi Smartphone Murah Idaman!

Sudah satu minggu saya menghabiskan waktu bersama perangkat terbaru Xiaomi, Redmi 5. Beragam tantangan aktifitas di tiap harinya pun dilalui bersama perangkat yang murah meriah tersebut. Dan, inilah cerita petualangan saya tersebut, yang saya rangkum dalam hasil review Xiaomi Redmi 5.
Baca Juga

Saat pertama kali menggenggam perangkat tersebut untuk memulai review Xiaomi Redmi 6, saya merasakan tidak ada perbedaan dengan saat menggenggam Redmi 5. Pun demikian, harus diakui jika ukuran layarnya tersebut jauh lebih kecil 0,25 inci dari seri sebelumnya yang berukuran 5,7 inci.

Nampaknya, Xiaomi ingin memberikan kesan minimalis terhadap para pengguna perangkat yang menambah lini Redmi tersebut.

Beralih ke bagian belakang, pada bagian punggung Redmi 6, saya merasakan lapisan plastik yang tak terasa murahan untuk melindungi perangkat tersebut. Namun, agar penampilannya meningkat, Xiaomi melapisinya dengan cat yang memberi efek metal-look.

review xiaomi redmi 6

Lain halnya dengan Redmi 5, seri keenam ini hadir dengan dibekali lensa kamera ganda. Kedua lensa tersebut diletakan pada pojok kiri atas punggung Redmi 6. Pemosisiannya pun cukup untuk menambahkan kesan elegan, yakni horizontal.

Sejajar dengan kamera ganda tersebut, saya menemukan adanya flash. Sementara itu, pemindai jari berada di bagian tengah, agak ke atas, punggung Xiaomi Redmi 6.

Terdapat hal yang saya kurang setujui dari Redmi 6, yakni posisi speaker. Xiaomi memosisikan speaker seri keenam dari lini Redmi tersebut dibagian punggung bawah, bukan sisi bawah. Dengan demikian, saya harus memegang atau membalikan perangkat (dengan layar menghadap ke alas) saat hendak mendengarkan musik tanpa earphone.

Review Xiaomi Mi TV 4A, Asiknya Pakai TV Pintar yang Ga Pake Mahal!

Sudah seminggu lebih saya melakukan review Xiaomi Mi TV 4A. Beragam hal menarik dapat saya temui dari produk yang dijual seharga Rp1,999 juta tersebut.
Baca Juga

Selain mempersempit ruang gerak pengguna saat hendak mendengarkan suara dari perangkat tersebut, pemosisian speaker itu juga mengurangi keindahan desain Xiaomi Redmi 6. Lubang-lubang tersebut salah posisi banget.

Pada sisi kiri, saya menemukan adanya dua slot, yakni untuk penggunaan dual SIM sekaligus microSD. Ukuran tumbuh Xiaomi Redmi 6 yang mungil membuat Xiaomi harus menciptakan dua slot tersebut. Di sisi kiri dapat ditemui tombol home dan juga power.

Sementara itu, sisi atas diisi oleh audio jack 3,5 mm. Tidak ada lagi transmitter IR di seri keenam Redmi ini. Sisi bawah diisi oleh port micro USB. Dan ketiadaan lubang speaker di bagian bawah membuatnya sedikit lebih bersih.

Secara rinci, Xiaomi Redmi 6 berdimensi 147.5 x 71.5 x 8.3 mm, dengan bobot yang harus ditanggung penggunanya adalah 146 gram.

Bagaimana kualitas display dari perangkat tersebut? Apakah penggunaan chipset MediaTek menurunkan performanya? Temukan hasil review Xiaomi Redmi 6 yang saya lakukan di halaman selanjutnya!