Keren, Kamu Bisa Bikin Playlist Berdasarkan DNA di Spotify!

dna di spotify

Jika kamu sering mendengar musik menggunakan Spotify, mungkin ini adalah gembira buat kamu. Kamu bisa bikin playlist musik kegemaran kamu berdasarkan DNA di Spotify.

Hingga saat ini kamu bisa mengatur playlist secara manual dengan cara memasukan berbagai lagu atau musik. Kamu bisa memasukan lagu secara satu persatu atau bisa langsung dalam satu album lagu tersebut.

Kali ini Spotify bekerja sama dengan Ancestry, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang genealogi untuk mengembangkan sebuah fitur baru dari Spotify, yaitu pencarian playlist musik dan lagu berdasarkan DNA di Spotify.

Kamu sudah bisa mendapatkan selera musik kamu berdasarkan DNA dari tes yang dilakukan oleh Ancestry. Kamu bisa datang ke kantor pusat Ancestry di Utah, Amerika Serikat. Setelah itu kamu meminta untuk tes DNA dan membayar seharga USD99,99 atau sekitar Rp 1.500.000.

dna di spotify
Sumber: The Daily Beast

Dilansir dari Techspot yang bersumber dari Quartz, setelah tes DNA tersebut keluar, maka akan muncul berbagai playlist yang dikiranya cocok dengan DNA orang tersebut. Hasil yang dikeluarkan harusnya menjadi berbagai musik yang cocok berdasarkan DNA orang tersebut.

Secara teknis, pemilihan playlist berdasarkan DNA yang didapat dari para nenek moyang tersebut. Nantinya hasil DNA akan dicari darimana asal nenek moyang orang tersebut dan dicocokan dengan selera musik yang umum didengar oleh para leluhur di zaman dulu.

Unboxing Mi In-Ear Headphone Pro HD: Headphone Murah Xiaomi yang Menggoda!

Xiaomi hadir ke Indonesia dengan sederet produk ciptaannya, termasuk headphone murah Xiaomi Mi In-Ear Headphone Pro HD. Apa isi kotaknya?
Baca Juga

Sebagai contoh, jika nenek moyang adalah keturunan Melayu dan India, maka akan dicarikan berbagai lagu pop Melayu serta cenderung ke lagu dangdut. Lagu-lagu tersebut memang cocok untuk telinga para leluhur dari India dan Melayu.

Semenjak dirilisnya layanan ini di Amerika Serikat, terdapat lebih dari 10.000 orang telah mencobanya. Jika kamu ingin mencoba bisa datang langsung ke Ancestry di Lehi, Utah Amerika Serikat.


Meskipun memang fitur ini terlihat keren, ternyata ada yang menentang terhadap fitur DNA di spotify ini. Fitur pengenalan DNA ini dianggap bisa melanggar hukum, dikarenakan penggunaan DNA tidak bisa sembarangan dan Ancestry tidak berhak untuk menjadikan DNA yang telah dikumpulkan sebagai data mining mereka.