Kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 ini Menunjukan Keduanya Bukan Chipset Murahan!

kemampuan mediatek helio p22

Xiaomi telah resmi menghadirkan Redmi 6 dan Redmi 6A sebagai smartphone baru mereka di Indonesia. Keduanya pun dibekali dengan chipset terbaru dari MediaTek, yakni Helio P22 dan A22. Walau terbilang murah, namun kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 tidak bisa disebut murahan.

Paradigma masyarakat akan kualitas chipset buatan MediaTek memang sudah terlanjur negatif. Namun, berkat hal itu pula, perusahaan chipset asal Negeri Tirai Bambu tersebut terus berupaya dalam menghadirkan produk yang mumpuni. Hal itu terwujud pada kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang tersemat di Redmi 6 dan Redmi 6A.

Banyaknya tanda tanya akan kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 membuat pihaknya terjun langsung untuk menjelaskan kepada masyarakat Indonesia melalui para awak media. Penjelasan mengenai chipset yang menjadi saingan Snapdragon 450 itu pun berlangsung di Jakarta.

Kemampuan MediaTek P22 dan A22 dijelaskan langsung oleh Pang Sui Yen, Senior Manager Corporate Sales & Business Development MediaTek Asia & Africa. Dirinya pun tidak hanya menjelaskan, namun juga bersedia untuk menjawab segala pertanyaan yang diterimanya.

kemampuan mediatek helio p22
Pang Sui Yen, Senior Manager Corporate Sales & Business Development MediaTek Asia & Africa

Sebelum membahas kemampuan MediaTek P22 dan A22, Pang Sui Yen terlebih dahulu menginformasikan kita jika selama ini tanpa disadari produk buatan MediaTek sudah dirasakan oleh banyak masyarakat Indonesia.

Salah satu contoh yang paling kuat yang ditampilkannya adalah produk MediaTek bisa ditemui di dalam Setup Box dari salah satu penyedia layanan internet di Indonesia, yakni Indihome.

Redmi 6A dan Redmi 6, Smartphone Murah Xiaomi di Tahun 2018 yang Makin Kece!

Kini Xiaomi telah memperkenalkan Redmi 6A dan Redmi 6 sebagai smartphone murah terbaru mereka di tahun 2018 ini. Berikut spesifikasi dari keduanya.
Baca Juga

“MediaTek secara perlahan memenuhi kebutuhan dunia akan produk yang mumpuni. Produk kami saat ini sudah tersemat di dalam 20 persen produk yang ada di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, produk yang paling banyak mengemban produk MediaTek adalah Setup Box dari Indihome,” tuturnya.

Dengan demikian, walau tidak semua, namun masyarakat Indonesia yang merupakan pelanggan dari Indihome tanpa sadar telah menggunakan produk MediaTek. Sayangnya, paradigma negatif akan brand tersebut masih saja menempel.

kemampuan mediatek helio p22

Melalui penjelasan kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 ini pihaknya pun ingin menunjukan jika produk buatannya telah mampu bersaing dengan produk dari pabrikan lain yang mendapat nilai positif dari masyarakat terlebih dahulu.

Sebenarnya, apa saja sih kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang disampaikan oleh Pang Sui Yen?

Chipset dengan Proses Manufaktur yang Lebih Modern, yakni 12 nm

kemampuan mediatek helio p22

Kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang pertama bisa dilihat adalah dari proses manufaktur yang diaplikasikan. Pasalnya, kedua chipset dibuat dengan proses manufaktur 12 nm, yang mana bisa dibilang sebagai proses yang cukup modern.

Berdasarkan pengakuan Pang Sui Yen, proses tersebut adalah untuk yang pertama kalinya diterapkan pada chipset kelas entry level. Dirinya menjelaskan, produk sekelasnya masih menggunakan proses 16 nm, yang terbilang ketinggalan di tahun 2018 ini.

Unboxing Xiaomi Redmi 6, Makin Ringkas Makin Menggoda!

Sebelum petualangan saya bersama perangkat baru Xiaomi ini dimulai, terlebih dahulu saya akan menceritakan pengalaman unboxing Xiaomi Redmi 6.
Baca Juga

“MediaTek ingin menghadirkan sesuatu yang terkini. Maka dari itu, kedua chipset ini hadir dengan proses manufaktur 12 nm, yang bisa dibilang modern di kelasnya. Kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 pun bisa disadari pertama kalinya dari hal ini,” jelas Pang Sui Yen.

Dirinya menambahkan, proses manufaktur 10 nm lebih baik dari 12 nm, sementara itu proses 12 nm lebih baik dibandingkan 16 nm. “Dengan demikian, seperti yang kita sadari bersama, semakin kecil proses manufaktur, maka semakin baik pula kemampuan yang ditawarkannya,” jelasnya.

kemampuan mediatek helio p22

Terlebih, kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang lainnya yang diterangkan oleh Pang Sui Yen adalah peningkatan pada CPU dan GPU yang ada di dalamnya.

Pada Helio P22, pengguna akan disuguhkan dengan 8 core Cortex A53, yang mana akan dibagi dua menjadi 2 x 4. 4 core Cortex A53 akan menyuguhkan kecepatan hingga 2.0 GHz. Sementara itu, 4 core Cortex A53 yang lainnya mampu mencapai kecepatan hingga 1,5 GHz.

Untuk Helio A22, MediaTek menyematkan 4 inti Cortex A53 dengan kecepatan maksimal yang diraihnya adalah 2.0 GHz.

Review Xiaomi Redmi 6, Masih Pilihan Terbaik di Kelasnya!

Belum genap satu tahun, Xiaomi telah menghadirkan pilihan baru smartphone murahnya dari lini Redmi. Saya pun beruntung bisa melakukan review Xiaomi Redmi 6.
Baca Juga

Kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang dilandasi core dan manufaktur modern tersebut antara lain menyuguhkan RAM hingga 6 GB LPDDRX4, kamera hingga 21 MP (single) atau dual 13 MP + 8 MP, perekaman video hingga 1080p 30 fps, display HD+ 1600 x 720 piksel dengan rasio maksimal 20:9, modem Cat.7/Cat.4, konektivitas 802.11ac dan Bluetooth 5.0, dan GPS + Glonass + Beidou + Galileo.

Apalagi kemampuan MediaTek Helio P22 dan A22 yang nampaknya sangat menjanjikan tersebut? Silahkan temukan jawabannya di halaman berikutnya!