Mengapa Telltale Games Bubar? Inovasi Jawabannya!

telltale games bubar
Sumber: Press Start

Mungkin ada di antara kamu yang sudah mengetahui hal ini. Salah satu developer game yang terkenal dengan seri The Walking Dead, Telltale Games bubar. Mungkin sebagian kamu juga bertanya-tanya mengapa mereka bubar?

Kunci utamanya adalah inovasi. “Cerita” ini berawal dari di mana Telltale Games didirikan pada tahun 2004. Tahun di mana Telltale Games juga terbentuk dari tenaga ahli bekas LucasArts yang terkenal dengan seri game Star Wars.

Pada diberdirikannya Telltale Games, game dengan genre Adventure sedang ngetren dan sangat laku di pasaran. Melihat peluang itu, Telltale Games akhirnya mengerjakan berbagai proyek yang berhubungan dengan game Adventure. Salah satu yang terkenal adalah game yang berjudul Penny Arcade.

Pada tahun 2011 Telltale Games terlibat pada sebuah game yang berbasis dari seri Jurassic Park dan Back to the Future, sayangnya tidak begitu menuai kesuksesan tapi cukup menguntungkan.

telltale games bubar
Cover Final Season dari Walking Dead Games memiliki tingkat kemiripan yang sama persis dengan cover walking dead season sebelumnya

Hingga akhirnya pada tahun 2012, dirancanglah game baru yang berbasiskan komik karangan Robert Kirkman, The Walking Dead first season. Game baru tersebut mengubah segalanya dari Telltale Games.

Telltale Games menggunakan engine game yang dirancang oleh mereka sendiri yang bernama Telltale Tool. Engine itu pula yang menjadi engine utama dalam game The Walking Dead yang sangat sukses.

Game Buatan Indonesia, Valthirian Arc: Hero School Story Segera Bisa Kamu Mainkan!

Game buatan Indonesia, Valthirian Arc: Hero School Story akan luncur. Gamer lokal wajib mempersiapkan dirinya terhadap game yang menarik tersebut.
Baca Juga

Telltale Tool selalu digunakan di setiap game yang dirilis oleh Telltale Games. Sisi positif dan negatif menggunakan engine yang dirancang sendiri adalah banyaknya bug yang memang menjadi kekurangan game. Seperti yang diungkapkan oleh Kotaku pada tahun 2015.

Salah satu artikel dari Waypoint juga mengatakan betapa “ketinggalan zaman” teknologi yang digunakan oleh Telltale Games. Setiap game yang dirilis tidak ada perkembangan karena menggunakan Telltale Tool.telltale games bubar

Bahkan engine tersebut tidak memiliki fitur physics yang sudah menjadi teknologi utama untuk berbagai game AAA. Selain itu, engine tersebut menunjukkan karakter yang tidak realistik atau malah cenderung tidak natural dan seperti tidak memiliki jiwa di dalamnya.

Padahal dalam game adventure yang mengutamakan sisi cerita di dalamnya. Mimik wajah yang natural dan memiliki jiwa sangatlah penting. Hal tersebut akan menunjukkan emosi dan sebuah rasa yang terdapat pada karakter.

Hingga akhirnya pada tahun 2018, Telltale Games merilis game mereka dan sayangnya keberhasilan tidak menyertai mereka serta menjadi tahun di mana Telltale Games bubar dan mengakhiri riwayat mereka.


Hal yang sangat mudah memang mencari keburukan dan kekurangan sebuah perusahaan. Hanya saja tidak serta merta menjadikan kesalahan itu harus ditutupi secara total. Kesalahan ada, untuk segera diperbaiki dan menjadi penyemangat untuk mencari solusi.

Sebuah “kisah” dari Telltale Games bubar ini, bisa menjadi inspirasi buat kita, bahwa untuk bisa bertahan hidup kita harus bisa mengikuti zaman. Terus berinovasi tanpa lelah dan jangan hanya berhenti pada satu titik, yaitu titik zona nyaman.