Makin Wajib Beli Resmi, Smartphone Xiaomi Cina Tidak Bisa Flash ROM Global!

smartphone xiaomi cina tidak bisa flash rom global
sumber: teknosaurus.com

Xiaomi terus memperbaiki peredaran produknya yang ditujukan ke pasar Cina, namun lepas secara global. Pihaknya pun kini mengambil langkah besar, yakni smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global.

Langkah besar yang seakan menjadi badai petir bagi para pecinta perangkat Xiaomi yang ilegal tersebut disampaikan langsung melalui sebuah thread di MIUI. Pada thread yang dibuat oleh Administrator dengan nama DinaDuan tersebut, ditegaskan jika smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global.

Dengan Smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global, maka mereka yang masih membeli produk Xiaomi yang tak resmi, tidak akan bisa merasakan hal-hal yang hanya disuguhkan kepada pengguna perangkat Xiaomi resmi.

Pada thread yang berjudul “Pengumuman Resmi Perihal Flashing Mi Phones yang Dibuat di Cina” tersebut ada dua poin yang ditegaskan oleh Administrator. Kedua poin tersebut nampak menjadi langkah besar Xiaomi dalam memberantas peredaran produknya yang tidak resmi di sebuah negara.

smartphone xiaomi cina tidak bisa flash rom global
sumber: teknosaurus.com

Poin pertama menegaskan, ponsel Xiaomi yang dibuat untuk pasar Cina tidak akan bisa menjalankan MIUI Global ROM. Dengan begitu, perangkat Xiaomi tak resmi yang saat ini masih beredar, tidak bisa lagi di flash dengan ROM Global.

Sementara itu, di poin kedua ditegaskan, ponsel Xiaomi yang ditujukan untuk pasar global tidak akan bisa menjalankan ROM MIUI Cina. Maka, mereka yang berada di wilayah Cina tidak bisa lagi menggunakan ROM Global.

Ini Bukti Xiaomi Mi 8 Youth Segera Hadir ke Pasar Indonesia!

Xiaomi Mi 8 Youth merupakan smartphone yang menyaingi perangkat kelas menengah bercita rasa premium di pasaran. Perangkat itu akan hadir di pasar Indonesia.
Baca Juga

Pada akhir thread yang menegaskan smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global tersebut, Administrator menyarankan untuk membeli ponsel Xiaomi melalui channel penjualan resmi. Atau, pengguna bisa melakukan pemeriksaan informasi sistem terlebih dahulu sebelum melakukan flashing atau pembaruan.

“We highly recommend you to buy Xiaomi Phones via official or authorized sales channels and double check the system information before flashing or updating. Thank you for understanding,” tulisnya pada thread yang disebarkan pada tanggal 12 September 2018 itu.

smartphone xiaomi cina tidak bisa flash rom global
contoh perangkat Xiaomi Redmi Note 6 Pro tak resmi di Indonesia yang saya temui (sumber: teknosaurus.com)

Jika kamu merasa thread tersebut adalah hal yang dibuat sebagai lelucon, maka kamu wajib melihat tulisan yang di bold di bagian bawah. Dengan jelas bisa diketahui jika thread smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global tersebut dibuat dan disebarkan oleh tim MIUI.

Sebelum smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global, seperti apa yang disampaikan, ponsel Xiaomi yang ditujukan untuk pasar Cina bisa diubah ROM-nya dengan melakukan flash ROM global. Begitu juga bagi ponsel Xiaomi yang ditujukan bagi global.

Review Xiaomi Redmi 6, Masih Pilihan Terbaik di Kelasnya!

Belum genap satu tahun, Xiaomi telah menghadirkan pilihan baru smartphone murahnya dari lini Redmi. Saya pun beruntung bisa melakukan review Xiaomi Redmi 6.
Baca Juga

Peredaran smartphone Xiaomi yang tak resmi, atau tidak mengikuti aturan sebuah wilayah pasar memang nampak sulit untuk diberantas. Pun demikian, Xiaomi terus mencoba untuk memperbaiki hal tersebut dengan melakukan langkah-langkah yang nampak tepat.

Contohnya saja, di Indonesia, Xiaomi menghadirkan perangkat resminya di pasaran dengan dibalut kotak berwarna oranye atau orange. Sementara itu, seperti yang kita ketahui, smartphone Xiaomi Cina akan dibalut oleh kotak berwarna merah. Kamu bisa cari tahu selengkapnya di sini.

smartphone xiaomi cina tidak bisa flash rom global
sumber: teknosaurus.com

Sementara itu, langkah lain yang diambilnya baru-baru ini adalah dengan menutup layanan service bagi perangkat Xiaomi tak resmi. Dengan diambilnya langkah tersebut maka mereka yang nakal beli perangkat tak resmi, tidak bisa lagi memperbaiki perangkat mereka ketika terjadi masalah.

Informasi lengkap mengenai ditutupnya layanan service bagi smartphone Xiaomi tak resmi bisa kalian lihat di sini.


Langkah smartphone Xiaomi Cina tidak bisa flash ROM global ini sangat baik. Xiaomi pun terlihat begitu serius untuk menghadirkan perangkat yang resmi dan memenuhi aturan di sebuah wilayah, seperti contohnya Indonesia yang memiliki peraturan TKDN yang harus dipenuhinya.