Oculus Quest, Masa Depan VR Gaming akan Tercipta?

oculus quest
Sumber: Wareable

Facebook sebelumnya memang pernah mengakuisisi perusahaan pengembang VR yang bernama Oculus. Hingga akhirnya Oculus Quest, perangkat Virtual Reality (VR) dari Facebook rilis.

Oculus Quest bukan perangkat VR pertama yang pernah dirilis oleh Facebook. Sebelumnya Facebook dan Oculus pernah merilis Oculus Rift yang juga menjadi produk pertama mereka.

Oculus Rift adalah perangkat VR untuk menjalankan berbagai aplikasi VR, termasuk game di PC. Dalam penjualannya, Oculus Rift menyertakan dengan perangkat controller di tangan yang juga menjadikan kita bisa berinteraksi dengan tangan di dunia VR.

Selain itu ada pula Oculus GO. Perangkat VR yang berdiri sendiri tanpa harus terhubung dengan PC. Sehingga kamu bisa menikmati atau memainkan VR kapanpun di manapun. Oculus GO juga tetap bisa memberikan pengalaman yang mirip dengan Oculus Rift.

Selain itu ada juga Gear VR. Perangkat VR ini dikhususkan untuk perangkat smartphone Samsung yang juga mendukung fitur VR. Gear VR dirilis pada saat Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge dirilis.

Oculus Quest akan Menjadi Konsol Game?

oculus quest
Sumber: Windows Central

Kali ini Oculus Quest yang ditunggu-tunggu oleh penggemar VR juga akan dirilis oleh Facebook. Oculus Quest direncanakan akan dirilis pada tahun 2019 nanti.

Berbeda dengan Oculus Rift, Oculus Quest tidak membutuhkan sama sekali PC untuk bisa digunakan. Kamu bisa bermain game dari perangkat Quest ini kapan saja di mana saja layaknya Oculus Go.

Kembali Muncul Manfaat VR, Kini Anak-anak Tidak Takut Disuntik!

Sebuah teknologi lahir tentu haruslah menimbulkan sebuah manfaat, salah satu contohnya adalah Virtual Reality (VR). Manfaat VR muncul di kedokteran.
Baca Juga

Pengalaman yang diberikan tentu saja lebih baik dibandingkan Oculus GO. Oculus Quest dijanjikan akan menjadi gaming system pertama yang dibuat khusus untuk memainkan game-game Virtual Reality.

Dilansir dari PCgamer, Zuckerberg mengatakan bahwa Oculus Quest akan menjadi penutup dari generasi pertama perangkat VR Oculus. Meskipun Quest adalah perangkat VR untuk bermain game, tapi Zuckerberg tetap berharap bahwa VR ini akan menjadi media utama di masa depan untuk bisa saling bersosialisasi.


Belum ada spesifikasi detil mengenai perangkat Quest ini, hanya saja Oculus sudah memberikan harga resmi untuk Quest. Kamu bisa mendapatkan Quest dengan merogoh gocek sebesar USD399,99 atau sekitar Rp 6.000.000.

Jika nanti Quest rilis, besar kemungkinan bahwa gaming di masa depan adalah bermain game menggunakan VR.