Canggih! OS Windows Bakal Menjadi Sistem Operasi Robot!

Apakah mungkin OS Windows bakal menjadi sistem operasi dari robot? Hal tersebut tentu bisa saja terjadi. Hal ini juga sempat diumumkan di sebuah acara ROSCon 2018 yang diadakan di Madrid, Spanyol pada tanggal

Microsoft memang baru-baru ini mengembangkan sebuah sistem operasi yang sifatnya masih dalam tahap eksperimen, yaitu ROS1 (Robot Operating System) OS Windows. Dengan ini membawa Microsoft ke tahap selanjutnya untuk mengembangkan Machine Learning, Internet of Things dan robot industri lainnya.

Microsoft juga memperkenalkan ROS di acara ROSCon 2018 tersebut. ROS sendiri adalah berbagai kumpulan library dan tools yang membantu kamu dalam mengembangkan sebuah aplikasi dalam robot, yang terkumpul dari berbagai belahan dunia.

Microsoft mengembangkan ROS bertujuan untuk bisa membantu para pengembang robot lainnya dalam penyediaan tools. Terutama untuk para pengembang yang terbiasa dengan Visual Studio, AI dan cloud computing.os Windows

Berkembangnya zaman menjadikan kebutuhan industri akan kerja robot yang semakin optimal juga semakin tinggi. Robot semakin berkembang untuk bisa bekerja semakin aman, semakin mudah untuk diprogram serta semakin fleksibel.

Microsoft memang sudah cukup lama berkecimpung di dalam pengembangan robot dengan ikutnya Microsoft dalamĀ Open Robotics dan ROS Industrial Consortium.

Microsoft Office 2019 Rilis, Masih Terbatas untuk Komersil

Microsoft baru-baru ini merilis Microsoft Office 2019. Versi terbaru office ini, masih terbatas untuk komersil atau hanya untuk kalangan korporasi saja.
Baca Juga

Microsoft pada ROSCon 2018 sempat memamerkan sebuah robot yang bernama ROBOTIS Turtlebot 3. Robot ini dijalankan dengan ROS yang diberi nama Melodic Morenia. Robot ini menjalankan Windows 10 IoT Enterprise yang terinstal di Intel NUC.

Robot memang banyak yang digunakan sebagai asisten dalam mengerjakan segala tugas yang dulunya dikerjakan oleh manusia. Dengan adanya ROS ini kemungkinan nantinya robot bisa dijalankan dengan OS Windows, serta segala pengembangan fitur Windows juga bisa jadi akan dibantu oleh robot.

Sumber: Microsoft.