Cuma Buat Mejeng Search di Safari, Google Bayar USD12 Miliar!

soc milik google
fortune.com

Jika kamu berpikir Google bisa bebas untuk memasang kotak Google Search mereka di berbagai aplikasi dan platform, maka kamu salah besar. Contohnya seperti Google terhadap Safari, browser dari Apple. Google bayar USD9 Miliar di tahun ini layaknya menyewa tempat.

Bahkan jika Google ingin melanjutkan “sewa” tersebut, wajib hukumnya Google bayar USD12 Miliar ke Apple, untuk memasang kotak google search di browser Safari milik Apple.

Dilansir dari Business Insider, angka tersebut bahkan bisa jadi lebih dari perkiraan. Angka tersebut memang sangatlah wajar mengingat hal yang disebut dengan “traffic acquisition cost” memang menjadi value yang sangat penting untuk Google mencari trafik.

Rod Hall, seorang analis dari Goldman Sachs mengatakan bahwa mereka yakin, biaya yang sangat besar tersebut mampu menghasilkan pendapatan yang besar pula. Hall juga yakin jika berbagai produk Apple tersebut juga menjadi channel yang besar dalam menghasilkan trafik yang berakhir sebagai pendapatan.

google bayar

Di tahun 2017, seorang analis Bernstein Toni Sacconaghi juga memperkirakan Google membayar USD3 Miliar pertahun. Memang sih secara faktanya Google sendiri pada tahun 2014 bahkan sudah membayar USD1 Miliar ke Apple.

Secara jumlah memang USD9-12 Miliar itu bukanlah angka yang kecil. Angka tersebut sangatlah besar bahkan jika habis hanya untuk membayar “sewa” untuk memasang kotak search di browser Safari.

20 Tahun Google Dirayakan dengan Easter Egg, Seperti apakah itu?

20 tahun Google tentu saja tidak dilewatkan begitu saja oleh Google. 20 tahun Google ini, dirayakan oleh Google dengan membuat sebuah easter egg.
Baca Juga

Google bayar uang dengan jumlah demikian ternyata bukan main-main. Jika melihat jumlah pendapatan yang didapat pada kuartal pertama dan kuartal kedua, Google mendapatkan USD30 Miliar dan USD32,5 Miliar. Angka tersebut berdasarkan dari situs Statista.

Jika kita perkirakan kuartal ketiga dan kuartal keempat juga akan mendapatkan pendapatan dengan jumlah tersebut, maka angka “sewa” untuk di browser Safari bukanlah angka yang besar.