Canggih! Microsoft Memamerkan xCloud Game Streaming

xcloud

Masa depan gaming memang sudah di depan mata. Salah satu contohnya munculnya sebuah proyek dari Microsoft yang bernama xCloud. Yaitu sebuah layanan gaming yang bisa kamu mainkan tanpa harus ada konsol, alias streaming.

Sebelumnya Microsoft memang pernah menyinggung masalah proyek mereka di acara E3 (Electronic Entertainment Expo) yang berhubungan dengan game streaming. Di mana nanti para pengguna bisa memainkan berbagai game kelas AAA yang bahkan hadir di konsol Xbox, tanpa harus memiliki konsolnya.

Ternyata hal tersebut akan menjadi kenyataan. Hingga saat ini, memang proyek ini masih dalam tahap eksperimen dan belum dirilis ke muka umum. Hanya saja Microsoft sudah memberikan sebuah video teaser mengenai proyek xCloud ini.

Dalam video tersebut, Microsoft beserta tim engineer-nya memang merencanakan sebuah proyek yang bisa mengubah industri gaming. xCloud akan menjadikan kamu dapat memainkan berbagai game yang biasanya dimainkan di konsol dengan kualitas tinggi, yang dapat dimainkan di berbagai perangkat. Bahkan salah satunya smartphone kamu.

Dalam video tersebut, Microsoft sedang melakukan uji coba untuk menjadikan banyak mesin Xbox dapat dijalankan dalam satu rak server. Mesin Xbox ini nantinya akan menjadi penopang para gamer dapat memainkan xCloud secara online.

Menariknya, Microsoft seperti memanfaatkan berbagai mesin Xbox yang (mungkin) tidak terjual. Dengan mesin Xbox tersebut, mereka membongkar dan menyatukannya dalam satu server. Seperti yang sudah tertulis di atas, dari server tersebut diciptakanlah sebuah konsol game streaming.

Microsoft juga mengakui bahwa mereka telah memiliki satu server yang aktif untuk bisa menjalankan xCloud ini. Server ini terletak di data center campus yang bernama Quincy milik Microsoft di kota Washington DC.

Xbox One jadi PC akan Datang Dalam Waktu Dekat

Bagaimana jika bermain game konsol menggunakan keyboard dan mouse? Kabarnya Microsoft akan membuat Xbox One jadi PC dalam waktu dekat.
Baca Juga

Buat para gamer yang akan memainkan game di xCloud, bisa langsung bermain melalui ponsel Android. Pada video tersebut terlihat beberapa pemain menggunakan Xbox Controller dalam bermain.

Jika kamu tidak memiliki Xbox Controller, xCloud juga dapat dimainkan tanpa harus menggunakan controller. Melainkan menggunakan visual controller layaknya kamu memainkan berbagai game Android lainnya.


Adanya xCloud ini memang kemungkinan besar akan mengubah orang-orang dalam bermain game. Xbox juga memiliki layanan memainkan semua game tanpa harus membeli game-nya. Layanan ini sifatnya berlangganan selama satu tahun.

Besar kemungkinan xCloud juga akan memiliki layanan demikian. Kamu tidak perlu membeli konsol terlebih dahulu, kamu hanya berlangganan dan bisa memainkan game darimana saja dan kapan saja.

Tentu saja hal tersebut menjadi kelebihan bagi model gaming secara cloud tersebut. Hanya saja bermain game dengan model tersebut, pasti memiliki kendala di koneksi internet terlebih yang menggunakan sistem kuota dalam penggunaan internet.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa xCloud memang menjadi salah satu model gaming di masa depan. Kita lihat saja nanti bagaimana di masa depan!