Mengenal Nokia 6.1 Plus, Pilihan Kelas Menengah dengan Sederet Fitur!

nokia 6.1 plus
sumber: teknosaurus.com

Mantan raja yang menguasai pasar ponsel, Nokia terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbarunya. Setelah sukses dengan Nokia 8, kini muncul pilihan yang lebih murah, namun memiliki beberapa fitur yang serupa dengan perangkat kelas kakap tersebut, yakni Nokia 6.1 Plus.

Perangkat yang hadir untuk menjadi bukti seriusnya Nokia dalam berinovasi tersebut dibekali dengan sederet fitur. Pasalnya, Nokia 6.1 Plus menyuguhkan layar luas yang mengikuti trend, kamera ganda yang dilengkapi fitur menarik, dan performa yang ditopang oleh chipset Snapdragon seri 600 dari Qualcomm.

Saya pun diberikan kesempatan untuk mencicipi kemampuan Nokia 6.1 Plus. Saya pun coba menelusuri kemampuan yang ditawarkan oleh perangkat yang hadir dengan harga Rp3,399 juta tersebut.

Apa sih yang sebenarnya di tawarkan oleh Nokia 6.1 Plus? Berikut ulasannya.

Desain yang Kekinian

nokia 6.1 plus
sumber: teknosaurus.com

Hal pertama yang bisa kita temukan dari Nokia 6.1 Plus adalah desain yang disuguhkannya. Perangkat tersebut hadir dengan desain yang menyesuiakan keinginan pasar di tahun 2018 ini. Tidak hanya Full View Display, perangkat tersebut hadir dengan dilengkapi dengan Notch.

Layar dari Nokia 6.1 Plus memiliki bentang layar 6,8 inci dengan resolusi 1080 x 2280 piksel. Di bagian atas layarnya, saya menemukan Notch yang menjadi tempat dari lensa kamera depan, earpiece speaker, dan juga proximity sensor. Rasio dari perangkat itu juga telah mencapai 19:9.

Pada bagian belakangnya, saya menemukan kamera ganda dan pemindai jari, yang mana sekelilingnya dilapisi oleh bahan kaca. Usut punya usut, Nokia tidak memanfaatkan lapisan yang sembarangan, karena pihaknya telah menggunakan Corning Gorilla Glass 3, baik di depan ataupun di belakang.

Nostalgia! Nokia Ingin Menjadi Ponsel Sejuta Umat Lagi dengan Nokia 1

Nokia yang dulunya sempat menjadi ponsel sejuta umat, kali ini Nokia juga ingin kembali meraih gelar tersebut, dengan merilis ponsel baru mereka Nokia 1.
Baca Juga

Untuk meningkatkan penampilan dari Nokia 6.1 Plus, pihaknya juga memanfaatkan 2.5D display. Dengan demikian, desain yang ditawarkannya pun semakin menggoda siapa saja yang melihatnya.

Ketika saya menggenggamnya, perangkat tersebut memberikan kesan premium. Hal itu membuat saya tidak percaya jika harga jualnya adalah Rp3,399 juta. Pada bagian sisi kiri dan kananya pun Nokia memanfaatkan bahan aluminum, sehingga menambah kesan premium yang dirasakan pengguna.

Harus saya akui, perangkat yang menjadi langkah Nokia dalam merebut pangsa pasar ini telah menjawab dari sisi desain.

Kamera yang Kaya akan Fitur

nokia 6.1 plus
sumber: teknosaurus.com

Nokia 6.1 Plus hadir sebagai smartphone yang juga memiliki nilai jual pada bagian kameranya. Hal itu juga menjadi langkah Nokia dalam menjawab kebutuhan para pengguna di tahun 2018 ini, yang terbilang memiliki kebutuhan merinci.

Pada bagian belakang perangkat tersebut, saya menemukan adanya lensa kamera ganda. Pemosisian yang dimanfaatkan oleh Nokia sendiri adalah vertikal, di bagian agak ke atas. Pemosisian itu membuat perangkat tersebut berbeda dari kebanyakan perangkat yang lain.

Ganti Nama, HMD Malah Perkenalkan X6 Sebagai Nokia 6.1 Plus!

HMD Global sebantar lagi memperkenalkan perangkat teranyar serta paling berbaur di tahun 2018, yakni Nokia X6, yang namanya berubah menjadi Nokia 6.1 Plus.
Baca Juga

Adapun konfigurasi kamera ganda dari Nokia 6.1 Plus adalah 16 MP + 5 MP. Kamera kedua dari perangkat tersebut akan membantu pengguna dalam menghasilkan foto dengan efek bokeh. Adapun aperture kamera yang dimilikinya adalah f/2.0 (16 MP) dan f/2.4 (16 MP.

Ketika saya mencobanya sedikit, kamera dari Nokia 6.1 Plus memang cukup baik untuk perangkat di kelasnya. Fokus sangat mudah untuk kabur, sehingga cukup membuat penggunanya sedikit kesulitan. Pun demikian, kemampuan fokus dari perangkat tersebut masih jauh lebih baik dari kebanyakan perangkat di kelasnya.

Hal yang menarik adalah, kamera belakang tersebut mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 1080p. Agar hasil video penggunanya stabil, terdapat pula dukungan Gyro-EIS.

Sementara itu, di bagian depan pengguna akan disuguhkan dengan kamera selfie yang beresolusi 16 MP. Kamera tersebut bisa menjadi senjata pengguna saat hendak mengambil foto di kondisi cahaya minim, karena aperture yang dimilikinya adalah f/2.0.

Review Nokia 8, Pilihan Tepat Bagi yang Isi Kantongnya Lagi Ga Banyak!

Pada Oktober 2017 lalu, Nokia secara resmi memperkenalkan perangkat flagship senjata pertarungannya di pasar smartphone, yakni Nokia 8. Tepat satu bulan lalu, saya pun berkesempatan untuk memulai petualangan bersama perangkat tersebut, dalam tajuk review Nokia 8.
Baca Juga

Nokia menyematkan beragam fitur yang cukup menghibur. Pasalnya, perangkat tersebut mampu menghasilkan foto dengan hiasan animasi. Dan, yang paling menarik adalah Bothie, yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto atau video dari kedua sisi kamera dalam satu frame.

Ditenagai dengan Snapdragon 636, RAM 4 GB, dan Android Murni

nokia 6.1 plus
sumber: teknosaurus.com

Sebagai sebuah smartphone yang menerjang pasar kelas menengah, tentu saja Nokia wajib memanfaatkan jeroan yang pantas untuk disuguhkan kepada penggunanya. Pihaknya pun memanfaatkan teknologi Qualcomm Snapdragon 636.

Berkat hadirnya chipset Snapdragon 636, maka Nokia 6.1 Plus terbilang mampu untuk menyuguhkan kinerja yang cukup tinggi. Selain memanfaatkan chipset dari Qualcomm tersebut, pihaknya juga memanfaatkan RAM dan storage yang besar.

Bersiaplah, Nokia Berpemindai Jari di Layar akan Segera Muncul!

Sebentar lagi HMD dikabarkan segera menghadirkan Nokia berpemindai jari di layar, yang akan menjadi bagian dari smartphone flagship mereka, yakni Nokia 9.
Baca Juga

Pada bagian RAM, Nokia memberikan kapasitas 4 GB. Sementara itu, bagian storage yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya adalah 64 GB. Dengan demikian, ruang penyimapan yang dimiliki oleh pengguna cukup besar, namun jika kurang, silahkan manfaatkan slot microSD yang mampu menampung kapasitas 400 GB.

Nokia mengaku jika dirinya ingin menghadirkan sebuah perangkat yang cepat sekaligus ringan. Maka dari itu, pihaknya menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo tanpa adanya user interface yang mengganggu.

Bahkan, Nokia 6.1 Plus diakui akan mendapat update Android Pie 9.0.


Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadikan Nokia 6.1 Plus sebagai perangkat baru yang menemani segala aktivitas padatmu?