Hati-Hati Akun Kloningan, Lakukan 3 Tips ini Untuk Mengatasinya!

sumber: newsroom

Fenomena akun kloningan sudah tidak menjadi hal yang asing lagi di mata netizen. Akun kloningan selalu hadir di sebuah media sosial, salah satunya media sosial Facebook. Kamu bisa melakukan 3 tips ini untuk mengatasinya.

Akun kloningan adalah akun yang menyamar menjadi satu akun. Biasanya akun kloningan akan membuat satu akun yang isinya meniru akun lain. Akun lain tersebut bisa akun yang dimiliki orang biasa atau bahkan artis yang memiliki kepopuleran tinggi.

Ada banyak tujuan mengapa akun tiruan dibuat oleh sang pembuatnya. Ada yang hanya sekedar iseng, bahkan ada yang memang memiliki maksud jahat. Salah satu tujuan jahat tersebut adalah menipu pengguna media sosial lain.

Nah jika kamu menemukan sebuah akun yang terindikasi akun kloningan, kamu bisa melakukan 3 tips di bawah ini, cekidot!

1

Hubungi Akun Aslinya

akun kloningan
sumber: marketingland

Jika kamu menemukan sebuah akun kloningan dan kebetulan mengetahui akun aslinya, kamu bisa langsung menghubungi sang pemilik akun yang asli. Apakah benar akun tersebut akun milik orang yang dimaksud.

Jika kamu tidak mengenal akun aslinya, kamu bisa mencari tahu via mesin pencari atau bahkan menanyakan ke teman-teman yang kamu kenal. Jika akun tersebut figur publik, kamu juga bisa menanyakan ke sebuah situs forum.

Ada Fitur Nonton Bareng di Facebook, Itu Sosmed Atau Layanan Streaming?

Kini muncul sebuah fitur nonton bareng di Facebook yang membuat sosmed yang dipenuhi oleh warna biru dan putih tersebut mirip layanan streaming video.
Baca Juga

Dengan melakukan hal tersebut, kita bisa melakukan verifikasi awal. Apakah akun tersebut termasuk akun tiruan atau bukan.

2

Laporkan

akun kloningan
sumber: Digital Trends

Untungnya setiap media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya, memiliki fitur di mana setiap penggunanya bisa melaporkan akun kloningan. Kamu bisa membantu melaporkan akun tersebut.

Caranya bisa kamu lakukan dengan cara mengunjungi halaman profil sang akun tiruan. Setelah itu, ada pilihan opsi untuk melaporkan akun tersebut, bahwa akun tersebut adalah palsu.

Awas, Facebook Kini Bisa Memindai Meme yang “Offensive”!

Senang mengirim meme di Facebook? Hati-hati, sebab Facebook kini bisa memindai meme yang bersifat menyerang atau offensive.
Baca Juga

Kamu juga bisa memberikan screenshot atau tautan profil yang asli. Hal ini untuk memberikan bukti agar laporan kamu terlihat faktual.

3

Abaikan

akun kloningan
sumber: IPnomics

Abaikan saja jika ternyata akun tiruan tersebut tidak mengganggu kamu. Sebab terkadang akun tiruan memang tidak memiliki teman atau bahkan follower. Hal ini dikarenakan sang pembuat akun tiruan tidak merawat akun tiruan tersebut dengan baik.


Nah itu dia 3 tips jika kamu menemukan akun kloning. Tiruan-tiruan tersebut terkadang memang menyebalkan, tapi kita bisa mengatasinya dengan perlakuan yang cukup mudah seperti yang telah dibeberkan di atas.